IBL

Tim asuhan kepala pelatih Jimmy Alapag, Tanduay Alab Pilipinas, harus menunggu hingga laga keempat untuk bisa mendapatkan kemenangan pertamanya di ASEAN Basketball League (ABL) 2017-2018. Setelah gagal menang di tiga laga sebelumnya, Alab akhirnya bisa mengakhiri catatan buruk dengan memenangkan laga melawan Formosa Dreamers dengan skor akhir 78-61, di Stadion Changhua, Taiwan (16/12/2017).

Bobby Ray Parks Jr. tampil dominan dengan mencetak 12 poin, 10 rebound, 3 asis, 2 blok dan 1 steal. Dia benar-benar tampil sebagai roh permainan Alab. Sementara itu, pemain asing asal Amerika, Reggie Okosa membukukan 19 poin dan 19 rebound, disusul Josh Urbiztondo yang mengumpulkan 12 poin, 7 asis dan 6 rebound.

"Dari awal kami merasa bahwa kami harus menang di pertandingan ini. Akhirnya kami masuk dan menyelesaikan pekerjaan dengan baik," kata Okosa, seperti dilansir aseanbasketballleague.com.

Kemenangan ini seakan melepaskan beban Coach Jimmy. Sebab mereka kalah dua kali melawan juara bertahan Hongkong Eastern Basketball dan runner-up Singapore Slingers. Kondisi tersebut memang sangat berpengaruh pada mental bertanding Alab. Tapi bukan Alab namanya, kalau mereka tidak bisa bangkit dari keterpurukan.

Alab benar-benar bermain selayaknya tim yang punya materi pemain berkualitas di atas rata-rata. Mereka memenangkan pertarungan di paint area (52 poin di paint area), serta mengumpulkan 62 rebound. Selain itu akurasi Alab juga bagus dengan persentase 40 persen (32-47). Di sisi lain, Formosa justru bermasalah dengan akurasi. Mereka hanya memasukkan 18 dari 62 kesempatan. Ini yang menjadikan Formosa harus rela membatalkan pesta di kandang sendiri. Hanya Lenny Daniel yang bisa menembus pertahanan Alab dan menghasilkan 19 poin, 8 rebound dan 3 blok. Sementara pemain lainnya tidak mampu memberikan kontribusi maksimal.

Alab kini mencatatkan rekor 1-3 di klasemen sementara. Jumlah yang sama juga dicetak oleh Formosa. (*)

Foto: aseanbasketballleague.com

Komentar