IBL

Udonis Haslem, pemain tertua di NBA, akhirnya mengumumkan untuk pensiun. Dia gantung sepatu di usia 43 tahun. Tetapi yang menarik adalah setelah Haslem pensiun, tidak ada lagi pemain yang membela satu tim saja sepanjang kariernya di NBA, atau yang dikenal dengan sebutan "one-club men". Apalagi dalam kurun waktu 20 musim atau lebih. 

Haslem menjalani 20 musim bersama Miami Heat. Menjadikan musim terlama kedua dalam sejarah NBA untuk daftar pemain yang hanya membela satu klub sepanjang kariernya. Catatan Haslem ini sama dengan mendiang Kobe Bryant yang juga menjalani 20 musim bersama Los Angeles Lakers, meski Kobe awalnya dipilih oleh Charlotte Hornets di NBA Draft 1996. Di peringkat pertama ada Dirk Nowitzki, yang bermain untuk Dallas Mavericks selama 21 musim (1998 - 2019). 

Untuk sementara daftar ini tertutup. Karena belum ada seorang pemain yang sampai 20 musim dengan tim yang sama. LeBron James tercoret dari daftar tersebut, karena sudah pindah tiga klub yang berbeda. Begitu juga dengan Andre Iguodala, Chris Paul, dan banyak pemain veteran NBA lainnya. Bahkan seorang Michael Jordan pun tercoret dari daftar ini lantaran sempat bermain di Washington Wizards sebelum pensiun. 

Sebenarnya ada juga daftar one-club men dengan masa bermain di bawah Haslem, Kobe, dan Nowitzki. Mereka adalah Tim Duncan (19 musim) dan Manu Ginobili (16 musim) bersama San Antonio Spurs. Ada juga Reggie Miller yang memainkan 18 musim bersama Indiana Pacers, dan John Stockton yang bermain 19 musim di Utah Jazz. 

Namun setidaknya ada tiga pemain yang berpeluang menyusul rekor Haslem. Mereka adalah Stephen Curry, Klay Thompson, dan Draymond Green yang belum pernah pindah dari Golden State Warriors sejak awal kariernya hingga sekarang. Belum ada tanda-tanda dari ketiga pemain tersebut meninggalkan Warriors. Sehingga mereka diperkirakan akan memperpanjang daftar one-club men di masa depan. 

Sebenarnya ada nama-nama yang potensial untuk mengisi daftar one-club men berikutnya, yaitu Devin Booker (Phoenix Suns), Karl-Anthony Towns (Minnesota Timberwolves), dan Nikola Jokic (Denver Nuggets). Tetapi masih lama untuk berharap mereka tidak pindah klub. Karena masih berkarier di NBA kurang dari 10 musim. 

Sebelumnya penggemar NBA berharap pada Damian Lillard dengan Portland Trail Blazers. Tapi kini Lillard malah minta pindah klub. Begitu juga dengan Bradley Beal yang akhirnya pindah ke Phoenix Suns, setelah 11 musim bersama Washington Wizards. Ada pula Marcus Smart yang sudah sembilan musim di Boston Celtics, kini pindak klub. (*)

Foto: getunlury.com

Komentar