IBL

Masa jabatan Michael Jordan sebagai pemilik mayoritas Charlotte Hornets akan segera berakhir. Jordan sedang menyelesaikan kesepakatan untuk menjual saham mayoritas Hornets. Sebuah langkah yang akan mengakhiri 13 tahun tugasnya mengawasi tim tersebut. Jordan bersiap untuk mendapat untung besar dengan menjual sahamnya. 

Jordan kabarnya menjual saham mayoritas miliknya ke grup yang dipimpin oleh Gabe Plotkin dan Rick Schnall, kata Hornets. Plotkin telah menjadi pemegang saham minoritas di Hornets sejak 2019. Schnall telah menjadi pemilik minoritas Atlanta Hawks sejak 2015 dan sedang dalam proses menjual saham miliknya, untuk beralih ke Hornets. 

Tidak hanya mereka berdua, calon pembeli saham Hornets milik Jordan adalah artis sekaligus penyanyi J. Cole, Dan Sundheim, Ian Loring, penyanyi dan penulis lagu musik country Eric Church, dan beberapa investor lokal Charlotte termasuk Amy Levine Dawson dan Damian Mills.

"Dengan cara yang sama, salah satu pemain terhebat kami, Michael Jordan, bisa menjadi gubernur utama sebuah tim, dia memiliki hak mutlak untuk menjual pada saat yang sama," kata Komisioner NBA Adam Silver awal Juni 2023. "Nilai sahamnya naik tinggi, sejak dia (Michael Jordan) membeli tim Hornets, jadi itulah keputusannya."

Juara NBA enam kali tersebut awalnya menginvestasikan uang sekitar 275 juta dolar Amerika Serikat untuk memiliki saham mayoritas Hornets pada tahun 2010. Sebelumnya dia sudah jadi pemilik saham minoritas sejak 2006. Kini saham tersebut naik menjadi sekitar 3 miliar dolar Amerika, menurut laporan ESPN mengutip sumber liga. Jordan, saat ini menjadi satu-satunya pemilik mayoritas kulit hitam di liga.

Selama di bawah kepemilikan Jordan, Hornets kurang sukses. Mereka hanya lolos ke babak playoff dua kali, dan kalah di babak pertama. Hornets juga menetapkan persentase kemenangan satu musim terendah untuk sebuah tim. Hornets mencetak rekor 27-55 di musim 2022-2023. Ini merupakan rekor tim terburuk keempat dalam sejarah NBA. Mereka akan memegang pilihan kedua dalam draf NBA 2023.

Namun kabarnya Jordan tidak akan melepaskan Hornets begitu saja. Jordan akan terus menjalankan operasi bola basket untuk Hornets melalui draf NBA. Dia juga akan terlibat di bursa pemain "free agent", sampai NBA menyetujui transaksi saham tersebut. Jordan akan tetap memiliki saham minoritas di Hornets. (*)

Foto: Charlotte Observer

Komentar