IBL

Aleksandar Vezenkov berpeluang tampil di NBA. Pemain yang kerap disapa Sasha Vezenkov itu sedang dipantau oleh Sacramento Kings. Venzenkov sempat mengikuti NBA Draft 2017 lalu. Ia terpilih pada urutan ke-57 oleh Brooklyn Nets. Melalui serangkaian pertukaran, hak milik Vezenkov kini berada di Kings.

Peluang pemain asal Hungaria itu tengah melonjak. Ia membawa klub asal Yunani, Olympiacos, melaju ke final EuroLeague 2022-23. Vezenkov dinobatkan sebagai Most Valuable Player (MVP).

Dalam pertandingan final pada Minggu (21/5) di Zalgirio Arena, Kaunas, Lithuania itu, Vezenkov mencetak 29 poin. Vezenkov menjadi pencetak poin terbanyak dalam final EuroLeague. Tampil selama 39 menit, Vezenkov juga menyumbang 9 rebound dan 4 asis. Sayangnya, Olympiacos kalah tipis 78-79 dari Real Madrid.

Pemain berusia 27 tahun itu rata-rata mencetak 17,2 poin per gim. Vezenkov memiliki akurasi 53,8 persen dan 38,5 tripoin dalam 38 gim. Ia menduduki peringkat kedua rebund (6,8) tembakan dua poin (4,4) di liga.

Selama beberapa bulan terakhir Kings memantau perkembangan Vezenkov saat bermain di Eropa. Pertama mereka mengirimkan asisten pelatih Jay Triano untuk menonton di Yunani pada Februari lalu. Dan yang terbaru pelatih kepala Kings Mike Brown mengikuti pertandingan Vezenkov selama babak playoff EuroLeague.

Brown memuji penampilan Vezenkov. Tetapi ia belum bisa memastikan menambah Vezenkov ke dalam roster Kings musim depan. Brown mengatakan pihaknya akan berbicara dengan Vezenkov terlebih dahulu.

“Kami sangat senang dengannya. Kami melakukan pertukaran untuk mendapatkan hak milik. Ini penting karena begitu banyak orang dari berbagai tim juga mengincarnya. Bagi kami ini adalah prioritas. Tetapi kami akan melihat di akhir musim,” kata Brown kepada media Yunani, Gazzetta.

Kings ingin membuktikan penampilan sensasional mereka musim ini bukanlah kebetulan. Mereka sedang serius membagun tim yang lebih solid lagi. Kehadiran Vezenkov bisa membatu mereka mengulang kesuksesan di musim mendatang. (rag)

Foto: EuroLeague

Komentar