IBL

Indonesia meraih 87 emas dalam SEA Games 2023. Ini merupakan jumlah tertinggi dalam lima SEA Games sebelumnya. Kontingen Merah Putih melampaui target 69 emas. Beberapa diantaranya mencetak sejarah seperti 5x5 putri dan sepak bola.

Setelah SEA Games biasanya pemerintah akan memberikan apresiasi. Hal ini sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 44 Tahun 2014 tentang Pemberian Penghargaan Olahraga. Penerima apresiasi atau bonus adalah peraih medali, pelatih, dan asisten pelatih.

Menpora Dito Ariotedjo mengungkapkan sebenarnya pada Jumat (19/5) pagi, para atlet bertemu dengan Presiden Joko Widodo. Namun, Presiden Ketujuh RI itu menghadiri KTT G7 di Jepang. Untuk itu pertemuan dengan presiden ditunda pekan depan.

“Yang pasti kami akan mendorong bonus. Tetapi yang paling penting kami ingin mendorong pemusatan-pemusatan latihan dikencangkan,” ujar Dito usai menghadiri acara apresiasi timnas basket di kawasan Senayan, Jakarta itu.

Menteri berusia 32 tahun itu rencananya akan bertemu Presiden Joko Widodo untuk melaporkan hasil SEA Games 2023 Kamboja pada Senin (22/5) mendatang. Dalam pertemuan itu, Dito juga akan membahas tentang bonus bagi para peraih medali.

“Jadi, mungkin kalau (jumlah bonus) turun itu nggak mungkin karena sudah ditetapkan. Berarti kan potensinya naik. Tetapi ini akan kami bahas dengan Bapak Presiden,” lanjut Dito.

Sebagai informasi tambahan, untuk bonus SEA Games 2022 lalu, peraih emas nomor tunggal mendapat Rp500 juta, nomor ganda Rp400 juta, dan Rp350 juta untuk nomor beregu.

Kemudian untuk peraih perak nomor tunggal bonus sebesar Rp300 juta, perak nomor ganda Rp240 juta, dan perak nomor beregu Rp210 juta. Lalu untuk peraih perunggu nomor tunggal Rp150 juta, perunggu nomor ganda Rp120 juta, dan perunggu nomor beregu Rp105 juta.

Pada SEA Games 2023 ini, Indonesia menempati posisi ketiga klasemen. Tim Merah Putih meraih 87 emas, 80 perak, dan 109 perunggu. Untuk merayakan capaian itu, kemarin Kemenpora mengadakan Kirab Juara menuju Bundaran HI hingga kawasan GBK. (rag)

Foto: Kemenpora

Komentar