IBL

Bank BJB Garuda Bandung pun tak menyangka bahwa NSH Jakarta bisa memberikan perlawanan sekeras itu. Mereka bahkan bisa memimpin 13 poin di awal pertandingan. Beruntung Garuda mampu mengatasi tekanan itu dan berhasil memenangkan laga dengan skor 70-66.

Faktor kemenangan Garuda bukan hanya ditentukan oleh ketenangan dan rapatnya defense di kuarter keempat. Tapi juga berkat sumbangsih pemain di bangku cadangan yang cukup besar. Dari 70 poin kemenangan Garuda, 33 poin disumbangkan oleh pemain cadangan. Salah satu yang paling banyak yaitu dari Januar Kuntara.

Guard yang bergabung dengan Garuda musim lalu itu tampil impresif hari ini. Ia mencetak 17 poin, 3 asis dan 2 steal. Januar juga memasukkan tiga tembakan tripoin yang membuat Garuda bisa mengejar ketertinggalan. Ketenangan dan kecepatan Januar bisa mengembalikan ritme permainan Garuda. Januar sempat mendapatkan perawatan di kuarter kedua karena mendapatkan benturan keras di kepalanya. Namun iya bisa kembali ke lapangan dan bermain dengan baik. Berikut wawancara singkat dengan Januar usai pertandingan.

Apa yang terjadi di awal pertandingan tadi?

Momentumnya memang ada di NSH, karena kami sempat bermain di luar kebiasaan Garuda. Biasanya kami bermain cepat, tapi di awal kami sedikit mengurangi kecepatan.

Lalu apa yang terjadi kemudian, sehingga bisa berbalik unggul?

Coach Andre bilang agar kami bermain cepat lagi. Saat itu kami kembali bemain cepat sehingga kami bisa mendapatkan irama permainan lagi.

Bagaimana dengan kualitas pemain cadangan Garuda sekarang?

Menurut saya pemain di Garuda sekarang merata. Persaingan sudah terlihat di saat latihan. Kalau tahun lalu jauh, jarak antara starter dan pemain cadangan kualitasnya jauh berbeda. Kalau sekarang pemain cadangan mulai bisa mengimbangi starter.

Apa motivasi bermain kamu hari ini sehingga bisa bermain bagus?

Tentu ingin menang di pertandingan ini. Karena ingin mewujudkan target sapu bersih di Seri Semarang. (*)

Foto: Hari Purwanto

Komentar