IBL

Fenomena vlogger di zaman modern ini tentu sudah tidak asing lagi. Nama-nama seperti Augie Fantinus atau Rocky Padila dari Indonesia kerap kali menghiasi kanal-kanal berbagi video. Beberapa situs media ternama seperti ESPN bahkan memiliki programnya sendiri. Karena video di zaman ini sekaligus bisa menjadi alternatif untuk mencari tahu lebih banyak tentang cerita-cerita bola basket, baik di dalam maupun di luar lapangan.

Dengan demikian, Mainbasket mengumpulkan film-film pendek yang menceritakan tentang para pemain basket dari Amerika Serikat. Setidaknya ada empat film yang terkumpul dan bisa dinikmati pembaca. Berikut daftar film-film pendek tersebut.

The Finish Line: Steve Nash

Film ini pertama kali diluncurkan oleh Grantland di situs resmi mereka pada 2014 silam. Meski pun situs tersebut sudah tidak aktif lagi, konten-konten mereka justru masih bisa diakses. Sehingga film “The Finish Line: Steve Nash” pun masih bisa ditonton banyak orang. Bahkan beberapa kanal di YouTube memuat versi lengkapnya.

Film ini menceritakan tentang kehidupan Steve Nash di pengujung karirnya. Terbagi ke dalam empat episode, masing-masing film memiliki ceritanya sendiri. Akan tetapi, secara garis besar film ini menceritakan tentang bagaimana Steve bermain di L.A. Lakers, bergelut dengan cederanya, dan mencoba mengingat kembali karirnya di NBA.

Bilqis Abdul-Qaadir | FIBA ALLOW HIJAB

Film ini menceritakan tentang seorang perempuan muslim keturunan Afrika-Amerika yang memperjuangkan haknya bermain basket. Karena sebelum FIBA mengubah aturan penggunaan tutup kepala, federasi basket dunia itu melarang hijab digunakan dalam pertandingan. Film produksi Uninterrupted ini kemudian menceritakan bagaimana seorang Bilqis Abdul-Qaadir tetap konsisten bermain basket dan memperjuangkan haknya.

Dalam film itu, Bilqis sebenarnya tidak hanya memperjuangkan dirinya sendiri. Di sisi lain, ia juga memperjuangkan hak banyak orang di seluruh dunia. Film ini menampilkan bagaimana Bilqis berusaha mengembangkan komunitasnya, meningkatkan partisipasi perempuan dalam olahraga permainan tersebut, dan kehidupannya sebagai seorang muslim yang taat.

Rookie/Vet

Film ini diproduksi oleh legenda Phoenix Suns, Steve Nash, bersama The Players’ Tribune. Dalam film ini, mereka menampilkan rookie dan veteran NBA yang bermain di klub yang sama. Kedua pemain itu adalah Tyson Chandler dan Devin Booker.

Film ini merupakan dokumentasi Chandler-Booker dalam mengarungi musim yang panjang. Keduanya diceritakan sebagai guru dan murid yang saling belajar. Melalui film ini, para pemain ini menunjukkan sejauh apa hubungan mereka bisa terkait satu sama lain. Ketika Chandler punya segudang pengalaman, Booker baru saja menjalani musim pertamanya.

E:60 - WNBA Star Brittany Griner's Story

Brittany Griner merupak pemain bola basket perempuan yang bermain untuk Phoenix Mercury di WNBA. Ia adalah salah satu penggawa yang membawa timnya juara pada 2014 silam. Orang-orang mengenal sebagai seorang monster dunk perempuan di liga basket perempuan kasta tertinggi Amerika Serikat.

Kendati demikian, ternyata Brittney—sapaan akrabnya—memiliki masa kecil yang cukup tak menyenangkan. Ia kerap kali dirisak oleh teman-temannya karena bentuk tubuhnya yang lebih menyerupai laki-laki. Di samping itu, ia juga menceritakan seperti apa orientasi seksual dan insiden yang membuatnya ditangkap pada 2015 lalu.

Foto: Jalan Tikus

Komentar