IBL

Bronny James telah menentukan pilihan. Putra sulung LeBron James itu akhirnya memilih ke University of Southern California (USC). Bronny akan bergabung dengan tim berjuluk Trojans itu pada National Collegiate Athletic Association (NCAA) musim depan.

Selain USC, Bronny memiliki pilihan lain yaitu Ohio State University dan University of Oregon. Pada Sabtu (6/5) waktu setempat, Bronny mengumumkan melalui unggahan Instagramnya bahwa ia telah masuk ke USC sambil menulis “Fight On” yang menjadi slogan dari tim.

Keputusan itu membuat sang ayah gembira. Usai gim ketiga Golden State Warriors vs Los Angeles Lakers, LeBron mengaku sangat bangga dengan keputusan putranya tersebut. “Selamat untuk putraku untuk perjalanan selanjutnya memilih universitas yang hebat. Sangat bangga padamu,” kata LeBron.

Ya, Bronny membuat sejarah keluarga. Ia adalah orang pertama dari keluarga James yang masuk ke perguruan tinggi. LeBron sendiri langsung mengikuti NBA Draft 2003 usai lulus SMA atau dua tahun sebelum NBA menaikkan batas usia minimum.

“Ini hal yang luar biasa. Jelas ayahnya tidak bersekolah. Ibunya tidak lulus kuliah. Ini hal yang keren. USC mendapatkan anak yang hebat. Dia ada di sana untuk bermain basket. (Tetapi) mereka akan terkejut betapa hebatnya dia meskipun mereka merekrutnya untuk sementara waktu,” lanjut MVP NBA empat kali itu.

Bronny sendiri telah lulus dari Sierra Canyon School, California. Ia dianggap menjadi salah satu dari lima garda poin teratas. Bronny menempati peringkat ke-19 di ESPN untuk angkatan 2023. Ia juga masuk dalam McDonald’s All American musim ini.

Pemain 18 tahun itu mencatat rata-rata 13,8 poin, 5,5 rebound, 2,7 asis, dan 1,8 steal untuk Sierra Canyon. Ia merupakan salah satu most improved player di kelasnya. Kemudian Bronny membuat 15 poin, 4 asis, dan 5 tripoin di McDonald’s All American Game. Lalu 11 poin saat mengikuti Nike Hoop Summit dan membantu Timnas Junior AS unggul 90-84 dari Team World.

Bronny akan menjadi rekan dari Isaiah Collier, Arrinten Page, dan Boogie Ellis di bawah pelatih Andy Enfield. Musim lalu USC mencatat rekor 22-11 dan menjadi unggulan ke-10 di NCAA. USC kalah dari Michigan State University pada babak pertama. (rag)

Foto: Boston Globes, Instagram @bronny

Komentar