IBL

Pelita Jaya Bakrie Jakarta meraih kemenangan kesembilan beruntun. Mereka mengalahkan Bumi Borneo Basketball Pontianak 74-67 pada Selasa (14/3) di Knights Stadium, Semarang. Ini juga menjadi kemenangan ke-15 Pelita Jaya pada musim ini.

Dalam pertandingan itu penampilan Pelita Jaya memang naik turun. Mereka sempat tertinggal di kuarter pembuka. Pelita Jaya baru mendapat ritmenya di kuarter kedua dengan mencetak 27-9. Meninggalkan Bumi Borneo dengan 16 poin.

Tetapi tim asuhan Djordje Jovicic itu sempat kehilangan konsentrasi di paruh kedua. Bumi Borneo menipiskan margin menjadi empat poin. Tetapi Pelita Jaya mampu membangun keunggulan dengan margin tertinggi 17 poin.

“Kami memulai star dengan lambat dan harus berjuang keras di kuarter kedua. Pada kuarter ketiga kami mendapat ritme lagi. Sayangnya pada menit-menit akhir kami hilang konsentrasi. Pada pertandingan berikutnya kami harus bisa lebih bersabar dan lebih baik,” kata Hendrick Yonga dalam jumpa pers.

Ada empat pemain Pelita Jaya yang mencetak dua digit poin dalam gim ini. M. Arighi menjadi yang paling produktif dengan 16 poin dan 7 rebound. Andakara Prastawa menyumbang 14 poin. Dominique Sutton dobel-dobel 13 poin dan 17 rebound. Dari bangku cadangan Deshaun Wiggins memberi 10 poin dan 4 rebound.

Disisi lain Pelita Jaya juga tampil ceroboh setelah membuat 23 turnover. Menambah 27 poin untuk Bumi Borneo. Tetapi mereka juga gagal memanfaatkan celah tembakan gratis dengan hanya mencetak 12/24 kesempatan. Sedangkan Pelita Jaya mampu memaksimalkan peluang mereka dengan 25/33 tembakan gratis.

“Ini suatu masalah. Padahal tembakan gratis ini situasi yang paling mudah. Tapi justru jadi momok buat tim kami. Kami kalah 7 poin dan kehilangan 12 poin dari tembakan gratis. Sangat disayangkan tidak bisa dieksekusi dengan bagus,” ujar Rimbun Sidahuruk, asisten pelatih Bumi Borneo. (rag)

Foto: IBL/Hariyanto

Komentar