IBL

James Harden tidak kaget dengan kepergian Kyrie Irving dan Kevin Durant dalam waktu yang hampir bersamaan. Harden menyebut masa-masa ia bermain di Nets membuatnya frustasi dan ia meninggalkan Brooklyn karena suatu alasan.

MVP NBA 2017-18 itu tidak merinci alasan kepergiannya dari Nets. Tetapi Harden merasa ada masalah dalam internal Nets. Hal itu ia ungkapkan dalam wawancara usai gim Sixers vs Nets pada Sabtu (11/2) di Barclays Center, New York.

“Ada banyak hal yang tidak semestinya terjadi. Itu terlihat jelas. Ada banyak hal yang tidak akan pernah saya katakan di media atau apapun. Itu menjadi salah satu alasan mengapa saya mengambil keputusan (meninggalkan Nets),” kata Harden.

Melihat kondisi Nets saat ini, Harden menyadari bahwa ia mengambil keputusan yang tepat dengan pergi ke Philadelphia. Dalam gim tandang melawan Nets itu, Sixers unggul 101-98. Harden menyumbang 29 poin, terbanyak kedua setelah Joel Embiid dengan 37 poin dan 13 rebound.

“Tetapi sekarang saya tidak terlihat seperti orang gila. Saya tidak terlihat seperti pria atau orang yang mudah menyerah atau apapun yang media sebutkan. Saya seperti tahu apa yang sedang terjadi dan memutuskan untuk melakukan sesuatu. Saya tidak ingin berurusan dengan hal itu. Saya hanya ingin bermain basket dan bersenang-senang,” jelasnya.

Kebersamaan Harden dan Nets memang tidak lama. Pemain berusia 33 tahun itu datang ke Brooklyn pada Januari 2021. Pertukaran Harden dari Houston Rockets juga melibatkan Cleveland Cavaliers dan Indiana Pacers dengan mengirimkan Rodions Kurucs, Dante Exum, Victor Oladipo, dan beberapa draft pick.

Musim lalu Nets difavoritkan dalam persaingan setelah membangun big three yaitu Harden, KD, dan Irving. Sayangnya kombinasi itu gagal. Ketiganya hanya bermain dalam 16 gim sepanjang musim. Berbagai faktor terjadi seperti cedera dan aturan vaksin yang melibatkan Irving.

Kini ketiganya kompak meninggalkan Nets. Harden pergi terlebih dahulu ke Philadelphia 76ers menjelang batas jendela transfer pada Februari 2022. Ia bertukar tempat dengan Ben Simmons. Hal yang dialami Harden hampir sama dengan yang terjadi dengan Irving dan KD pekan lalu. Irving ditukar ke Dallas Mavericks dan KD menuju Phoenix Suns. (rag)

Foto: NBA

Komentar