IBL

Michael Jordan gagal memiliki Milwaukee Bucks, pada tahun 2003. Tapi dia mendapatkan gantinya, yaitu menjadi pemilik Charlotte Hornets di tahun 2010. Kini setelah mendengar kabar kalau grup kepemilikan Bucks siap menjual sebagaian sahamnya, Jordan kembali tertarik untuk membelinya. Namun dia harus bersaing dengan pengusaha Amerika Serikat, Jimmy Haslam, pemilik Haslam Sports Group. 

Michael Jordan memang sukses di lapangan basket, saat masih aktif bermain. Namun ketika merambah ke dunia bisnis, terutama menjadi pemilik NBA, kemampuannya diragukan. Pada awal tahun 2000-an, Jordan mengincar beberapa klub NBA untuk dibeli. Termasuk pada saat itu, dia dikabarkan sudah menjalin pembicaraan dengan Herbert H. Kohl, pemilik Milwaukee Bucks. Tapi upaya ini gagal setelah Kohl yang saat itu menjabat sebagai senator, mendengar kabar bahwa Jordan akan memintahkan tim Bucks ke Wisconsin. 

Setelah kesepakatan dengan pemilik Bucks gagal, tiga tahun kemudian, Michael Jordan membeli saham minoritas dari tim Charlotte Bobcats. Namun hanya butuh waktu empat tahun bagi Jordan untuk memiliki tim tersebut, karena menjadi pemegang saham mayoritas. Ini terjadi pada tahun 2010, lalu nama tim diubah menjadi Charlotte Hornets pada tahun 2013. 

Cerita tentang ketertarikan Jordan membeli Bucks ternyata masih berlanjut. Setelah Kohl tidak mau menjual sahamnya ke Jordan, dia mempertahankan statusnya sebagai pemilik. Namun pada tahun 2014, Kohl melepas Bucks kepada miliarder bernama Wesley Edens dan Marc Lasry pada tahun 2014 seharga 550 juta. Tetapi seperti yang dikutip dari Essentially Sports, saham Bucks sepertinya akan kembali masuk bursa pasar saham Amerika Serikat. 

Beberapa pembeli potensial sudah memperlihatkan ketertarikannya. Salah satunya Michael Jordan, yang masih punya keinginan kuat memiliki Bucks. Tapi saingan Jordan bukan orang sembarangan. Menurut laporan The Athletic, pengusaha Jimmy Haslam, dan Haslam Sports Group, sedang dalam pembicaraan untuk mengakuisisi saham mayoritas Bucks. Haslam tidak sendirian, karena dia bersama Marc Lasry, yang sudah menjadi pemilik saham minoritas. 

Haslam diperkirakan punya kekayaan bersih senilai 4 miliar dolar Amerika. Dia membeli Cleveland Brown seharga 1 miliar dolar Amerika pada tahun 2012. Dia juga merupakan pemilik tim MLS Colombus Crew. Sekarang Haslem ingin menjadi pemilik Bucks. 

Jadi kita tunggu saja, apakah Michael Jordan berhasil membeli saham itu, dan menjadi atlet pertama yang punya dua tim NBA sekaligus? atau, Haslam yang akan menang, dan memiliki Milwaukee Bucks. (*)

Foto: Greek Reporter

Komentar