IBL

Setelah empat musim di mana Kyrie Irving sering absen, Brooklyn Nets telah resmi mengirim Irving Dallas Mavericks, kata pemilik Mavericks Mark Cuban. Kesepakatan ini datang beberapa hari sebelum batas waktu transfer NBA yang jatuh pada tanggal 9 Februari 2023, waktu Amerika Serikat. Beberapa hari sebelumnya, Irving dilaporkan meminta perdagangan dari Brooklyn. Nets, yang juga menyertakan Markieff Morris. Sebagai gantinya mereka mendapatkan Dorian Finney-Smith dan Spencer Dinwiddie, bersama dengan satu draft pick putaran pertama dan beberapa putaran kedua. 

Kesepakatan ini  pertama kali dilaporkan oleh Athletic dan ESPN. Dengan adanya transaksi tersebut, maka Kevin Durant adalah yang tersisa dari "Big Three" yang seharusnya menjadikan Nest sebagai raksasa liga. James Harden, superstar ketiga bersama Irving, pindah sekitar setahun yang lalu. 

Sejak bergabung dengan Nets pada 2019, Irving telah menjadi pusat kontroversi satu demi satu, diakhiri dengan sebuah drama November 2022 lalu, ketika Nets menghukumnya setelah dia membagikan tautan ke film bertema antisemit di media sosial. Selama berhari-hari setelah memposting tautan tersebut, Irving telah menolak untuk meminta maaf atau mengecam antisemitisme. Dia melakukannya hanya setelah Brooklyn mencabut skorsing. Musim lalu, Irving hanya bermain dalam 29 pertandingan, sebagian besar karena keengganan untuk menerima vaksin Covid-19 yang membuatnya tidak mematuhi kebijakan Kota New York yang mewajibkan orang memasuki arena olahraga dalam ruangan untuk memberikan bukti telah divaksinasi.

Ketika bermain dengan baik, Irving telah menjadi superstar, dengan rata-rata 27,1 poin per pertandingan. Pemungutan suara All-Star memperhitungkan suara penggemar, media, dan pemain, Irving menerima lebih banyak suara dari sesama pemain daripada siapa pun di posisinya. Pemain berusia 30 tahun tersebut terikat kontrak hanya sampai akhir musim ini. Tetapi kesepakatan ini akan menggeser keseimbangan kekuatan liga dalam jangka pendek. Nets, setidaknya sebelum laporan permintaan perdagangan Irving beredar minggu lalu, dianggap sebagai salah satu favorit juara Wilayah Timur. 

"Kita bisa membuang alasan apa pun, tetapi saya memilih untuk tidak melakukannya," kata Irving sesudah keseapakatan, dikutip dari Wall Steet Journal. "Ambil saja tanggung jawab di mana kita berada saat ini, dan fokuslah pada apa yang dapat kita kendalikan sekarang." (*)

Foto:nba.com

Komentar