IBL

Sampai saat ini, hanya ada tiga wasit NBA yang pernah bermain di NBA. Tetapi ke depan bakal ada wasit keempat yang berasal dari pemain. Dia adalah Smush Parker. Pemain yang tenar bersama Los Angeles Lakers di tahun 2005 hingga 2007. Parker kabarnya sedang merintis karier untuk menjadi wasit NBA. 

Tiga mantan pemain yang sukses menjadi wasit NBA adalah Berney Fryer, Leon Wood, dan Haywoode Workman. Fryer menghabiskan lima tahun sebagai pemain NBA, tapi dia sudah 30 tahun memimpin pertandingan NBA sebagai wasit. Wood adalah mantan 10 besar Draft NBA, yang sudah 25 tahun terakhir berkiprah sebagai wasit di NBA. Lalu, Workman alih profesi menjadi wasit NBA di tahun 2008 setelah menghabiskan sembilan tahun sebagai pemain.

Smush Parker mengungkapkan keinginannya kepada publik melalui akun Instagram pribadinya. Parker menyatakan bahwa dirinya sedang belajar untuk menjadi wasit. Dia ingin sukses berkarier sebagai wasit NBA seperti tiga mantan pemain sebelumnya. 

Jika Parker serius ingin menjadi wasit, maka dia harus menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk menguasai keahlian tersebut. Dimulai dengan menjadi wasit pertandingan remaja dan terus naik melalui jenjang liga-liga di bawah NBA. Parker saat ini sudah menjadi wasit di The Basketball League, liga profesional pemula yang diluncurkan pada 2018. 

Smush Parker memiliki karir sebagai pemain NBA yang singkat. Dia bermain untuk enam tim antara musim 2002 hingga 2008. Namun dia terkenal karena dua tahun bersama Los Angeles Lakers, di mana dia bermain dalam 164 pertandingan dari tahun 2005 hingga 2007, dengan rata-rata lebih dari 11 poin per pertandingan setiap musim. Parker juga pernah berseragam Cleveland Cavaliers, Detroit Pistons, Phoenix Suns, Miami Heat, dan LA Clippers. (*)

Foto: Bleacher Report

Komentar