IBL

Lauri Markkanen meraih poin tertingginya. Ia mencetak 49 poin dan membantu Utah Jazz mengalahkan Houston Rockets 131-114 pada Kamis (5/1) waktu setempat. Kemenangan di Toyota Center, Texas itu merupakan kemenangan pertama Jazz dalam tiga gim terakhir. Sekaligus memberikan Rockets enam kekalahan beruntun.

Pada kuarter pertama Markkanen mencetak 18 poin dan membantu Jazz memimpin lebih awal. Rockets sempat menipiskan jarak empat poin di lima menit terakhir. Tetapi 16 poin terakhir Markkanen membuat Jazz nyaman hingga akhir pertandingan.

“Saya sudah mengatakannya berulang kali tahun ini. Raihan ini berkat rekan setim saya, staf pelatih, mereka memberi saya tempat yang tepat untuk sukses. Para rekan saya melakukan pekerjaan yang bagus dengan memberikan bola kepada saya dan saya menyelesaikan tembakan itu,” ujar Markkanen usai pertandingan.

Markkanen efektif dengan mencetak 15 dari 27 tembakan. Termasuk 6/15 tripoin dan sempurna dalam 13 tembakan gratis. Ditambah delapan rebound dan satu blok selama 36 menit. Jordan Clarkson dan Malik Beasley membantu dengan raihan masing-masing 19 poin. Dari bangku cadangan Ochai Agbaji mencetak 11 poin dari 3/4 tripoin.

“Jordan berkata, lanjutkan hingga 50 (poin). Saya tidak khawatir tidak mengerti. Tetapi saya senang melihat rekan saya bersemangat. Jadi, saya juga bersemangat untuk mereka,” kata pemain asal Finlandia itu.

Sebelumnya rekor tertinggi Markkanen adalah 38 poin. Ia meraihnya dua kali. Terakhir dicapai pada 20 Desember lalu saat melawan Detroit Pistons. Dalam gim tersebut, Markkanen membuat enam tripoin dan menyapu 13 tembakan gratis.

“Dia melakukan tugasnya dengan sangat baik untuk terus bekerja dengan cara berbeda. Ini bisa mempengaruhi permainan secara ofensif. Dia baru saja menunjukkan pemahaman tentang cara bermain ketika mencoba mengambil hal-hal tertentu darinya,” kata Will Hardy, pelatih Jazz.

Pada Sabtu (7/1) waktu setempat, Jazz akan bertandang ke Chicago Bulls di United Center. Saat ini Jazz masih berkutat di posisi ke-10 klasemen sementara wilayah Barat dengan rekor menang-kalah 20-21. (rag)

Foto: NBA

Komentar