IBL

Barbara Walters adalah jurnalis yang membuat sejarah pertelevisian Amerika Serikat, sebagai co-anchor wanita pertama di acara berita. Selain peran perintis ini, reputasinya terletak pada ratusan wawancara profil tingkat tinggi yang dia lakukan selama lima dekade. Mereka termasuk setiap presiden Amerika Serikat dari Richard Nixon hingga Barack Obama. Walters juga mewawancarai Donald Trump, tetapi sebelum dia menjadi presiden. Namun yang viral di media sosial setelah Waters meninggal adalah wawancaranya dengan Kobe Bryant saat masih berusia 19 tahun. 

Walters, yang meninggal pada usia 93 tahun, memulai karirnya pada tahun 1960-an ketika kalangan eksekutif televisi menilai bahwa pemirsa tidak menganggap serius wanita yang menyampaikan berita tentang politik, perang, atau topik penting lainnya. Walters membuat sejarah pertelevisian pada tahun 1974 sebagai co-host wanita pertama dari acara berita pagi NBC Today. Dua tahun kemudian, dia beralih ke ABC untuk pekerjaan yang bahkan lebih bergengsi, yaitu pembawa acara berita malam wanita pertama di Amerika Serikat. 

Foto: The New York Times

Sejarah NBA telah dibangun di atas pundak para pemain. Darah, keringat, dan air mata yang mereka curahkan untuk mengasah keahlian itulah yang membuat permainan inivberkembang. Namun, ada sisi lain darinya yaitu peran media, khususnya para penyiar televisi di era 90-an. Termasuk di dalamnya ada Barbara Walters. Penggemar NBA mengingat wawancaranya dengan Kobe Bryant muda pada tahun 1998. Video tersebut menjadi viral setelah Walters meninggal dunia, pada hari Sabtu, 31 Desember 2022.

Dalam potongan wawancara yang beredar di media sosial, kita bisa tahu mentalitas Kobe Bryant, jauh sebelum dia menginspirasi banyak orang dengan Mamba Mentality. Sedangkan Barbara Walters tidak segan melempar pertanyaan untuk membuat narasumber mengeluarkan jawaban sejelas-jelasnya. 

Kobe Bryant mengatakan,"Saya ingin menjadi pemain terbaik yang saya bisa dan saya akan melakukan apa saja untuk mencapai hal itu."

Kemudian Barbara Walters bertanya," Apa maksudmu, kamu akan melakukan apa saja?"

Lalu Kobe menjawab,"Saya akan keluar rumah dan bermain bola basket dari jam 6 pagi sampai jam 12 siang. Ada saat-saat ketika saya masih muda, di mana lelah tidak akan saya rasakan. Saya akan mendorong diri saya untuk bisa bertahan."

Di saat semua orang kagum dengan wawancara dua orang tersebut, akhirnya mereka sadar bahwa kedua legenda ini sudah tiada. (*)

Foto: ABC News

Komentar