IBL

Dallas Mavericks memberikan penghormatan untuk Dirk Nowitzki dengan membuatkan patung di depan American Airlines Center. Siapa sangka kalau ini merupakan janji pemilik Mavericks, Mark Cuban, kepada Nowitzki. Bahkan LeBron James, bintang Los Angeles Lakers, menyebut Nowitzki pantas mendapatkannya. Karena dia pemain terbaik sepanjang masa di posisi power forward

Pada malam pertandingan kandang terakhir Dirk Nowitzki tahun 2019, Mark Cuban berjanji akan mendirikan patung besar, dan paling spektakuler yang pernah ada. Setelah tiga tahun berlalu, akhirnya Cuban memenuhi janjinya. Dan, patung Dirk Nowitzki resmi berdiri di depan American Airline Center, yang menjadi kandang Mavericks. 

Cuban meminta seorang pematung bernama Omri Amrany. Beberapa karya yang pernah dia ciptakan adalah patung Michael Jordan, Magic Johnson, Wilt Chamberlain, Jerry West, Kareem Abdul-Jabbar, dan Shaquille O'Neal. Patung Nowitzki kaya akan detail, termasuk sepatu dan seragam yang dikenakan Mavs, pada saat menjadi juara NBA musim 2010-2011, yang menjadi satu-satunya gelar juara yang didapatkan klub tersebut. 

Di bawah patung tertulis pesan "Loyalitas tidak pernah pudar". Kalimat tersebut menggambarkan betapa Nowitzki sangat setia dengan Mavs, sampai dirinya bertahan hingga 21 musim, tanpa pindah klub. "Dua hal penting tergambar dalam patung ini, yaitu fadeaway dan kesetiaan. Saya bermain selama 21 musim. Itu benar-benar luar biasa," kata Nowitzki dikutip dari ESPN

Patung ini terbuat dari perunggu putih. Gerakan yang menjadi ispirasinya adalah jumper fadeaway kaki satu khas Nowitzki. Tembakan tersebut yang kemudian dikenal sebagai "The Dirk". Berkomentar soal patung tersebut, kepala pelatih Mavs, Jason Kidd, yang juga pernah menjadi rekan satu tim Nowitzki berpendapat bahwa ada satu lagi penghargaan untuknya. "Satu perhentian lagi (untuk Nowitzki), yaitu Hall of Fame," kata Kidd. 

Patung Dirk Nowitzki dibuat seringgi 7,3 meter. Semakin terlihat tinggi karena bolanya ada di atas kepala. Sebelum meresmikan patung ini, pemilik Mavericks, Mark Cuban mengumumkan bahwa ada jalan di sekitar American Airlines Center, kini diganti namanya menjadi Jalan Nowitzki. Dengan begini, lengkap sudah penghargaan dari klub yang diberikan untuk salah satu pemain terbesar dalam sejarah Dallas Mavericks.

"Ini adalah janji yang memberi saya semangat untuk mewujudkannya. Sekarang sudah terwujud, dan Nowitzki layak mendapatkannya," ujar Mark Cuban.

Pujian LeBron James untuk Dirk Nowitzki

Peresmian patung Dirk Nowitzki tersebut semakin istimewa, karena bertepatan dengan pertandingan Hari Natal yang mempertemukan Dallas Mavericks melawan Los Angeles Lakers. Pertandingan tersebut akhirnya dimenangkan oleh Mavs, dengan skor 124-115. LeBron James juga hadir dalam peresmian patung, dan memberikan komentarnya terkait Nowitzki.

"Tidak diragukan lagi. Dirk adalah seorang legenda. Dia adalah ikon. Nowitzki menjadi pemain internasional terhebat yang pernah tampil di NBA. Saya pribadi menganggap Nowitzki sebagai power forward terbaik yang pernah ada. Namun saya menyandingkan Nowitzki dengan Manu Ginobili, sebagai pemain internasional terbaik," ungkap LeBron James. 

Foto: basketnews.com

LeBron menempatkan Nowitzki dengan power forward terbaik pilihanya. LeBron menyebutkan Charles Barkley, Tim Duncan, Kevin Garnett, Kevin McHale. "Ketika Anda berbicara dengan forward top, maka pemain yang ada disana termasuk Dirk. Mereka tangguh, tapi Dirk lebih tangguh. Dirk adalah pemain besar yang tidak lambat. Dan, Anda tidak bisa memblokir tembakannya, karena dia melakukan tembakan di belakang kepalanya, seperti Larry Bird-esque," pungkas LeBron James. (*)

Foto: Denton Record-Chronicle

Komentar