IBL

Pada hari Selasa, 29 November 2022, waktu Indonesia, Phoenix Suns mengumumkan bahwa James Jones dipromosikan menjadi President of Basketball Operation. Namun Jones tetap menjabat sebagai General Manager. Jones menjadi orang kedua setelah Steve Kerr pada tahun 2007-2010 yang memegang dua jabatan sekaligus di Suns. Jones mengemban tugas penting untuk menjaga kestabilan tim Suns dan Phoenix Mercury (WNBA) selama masa sulit karena dua klub tersebut memang sedang dalam perdagangan. 

"Tidak akan ada banyak perubahan, fokus saya bukan hanya Suns, melainkan Mercury juga. Saya berusaha agar kedua tim tetap stabil," katanya, dikutip dari Bright Side of The Sun

Jones berbicara tentang situasi kepemilikan Suns dan Mercury. Menurutnya, pemilik sementara Sam Garvin sudah menjalankan tugasnya dengan baik. Jones menyadari bahwa dua klub ini sedang dalam proses penjualan. Penting baginya untuk tidak membawa masalah seperti ini ke tim. Jones berniat untuk tetap mempertahankan fokus pemain untuk memenangkan pertandingan saja. 

Jones adalah mantan pemain Phoenix Suns yang awalnya ditunjuk sebagai General Manajer pada 2019. Sebelumnya dia telah bergabung dengan kantor Suns, dan bekerja sebagai Wakil Presiden Operasi Bola Basket dan GM sementara. Jones mendapatkan gelar NBA Executive of the Year di tahun 2021. Dia merupakan orang di balik kesuksesan Suns selama musim 2019 hingga sekarang. 

"Saya berterima kasih atas kesempatan untuk bekerja dan mendukung tim Phoenix Suns dan Phoenix Mercury. Meski akhir-akhir ini banyak masalah yang membuat kami goyah, namun saya tetap bersemangat untuk mendorong kesuksesan tim, baik di dalam dan luar lapangan," jelasnya. 

Karena usianya baru 42 tahun, Jones dekat dengan beberapa pemain, seperti Chris Paul. Dia banyak meluangkan waktu untuk berbincang dengan CP3 yang sekarang sedang parkir karena cedera tumit. Melihat perannya di tim, Jones ingin agar CP3 tidak gegabah dalam mengambil keputusan. Dirinya ingi membuat program jangka panjang bersama CP3. Jadi, bukan karena cedera tumit, lantas Chris Paul meninggalkan Suns. 

Jones yakin bahwa Suns musim ini bisa sampai ke final NBA lagi. Karena itu yang penting bagi mereka sekarang. Situasi tim memang tidak stabil seratus persen, karena kasus yang menjerat pemilik klub. Namun kehadiran Jones diharapkan bisa membawa ketenangan di tim tersebut. (*)

Foto: ESPN

Komentar