IBL

Beberapa waktu lalu, pemain WNBA protes karena gaji mereka lebih rendah ketimbang maskot NBA. Kenyataannya memang demikian, kalau dilihat dari jumlah keseluruhan per tahun. Menurut Sports Business Journal, ada lima maskot NBA dengan bayaran fantastis, hingga mencapai setengah juta dolar Amerika Serikat per tahun. Ternyata setelah keluar rinciannya, jumlah ini memang masuk akal. 

Maskot bertanggung jawab untuk menghibur penggemar selama pertandingan NBA. Sering kali mereka berjalan di antara kerumunan penonton di tribun. Naik panggung dan berjoget selama pertunjukan turun minum. Sampai melakukan aksi-aksi yang mengundang decak kagum penonton. 

Pemain WNBA mengajukan protes soal rendahnya gaji mereka dibandingkan maskot NBA. Protes tersebut muncul setelah terungkap bahwa gaji Rocky The Mountain Lion milik Denver Nuggets sebesar USD 625 ribu per tahun. Jumlah ini tiga kali lebih banyak dari pendapatan pemain WNBA dalam setahun. 

Foto: nba.com

Menurut situs resmi NBA, nilai gaji Rocky tersebut adalah akumulasi. Karena gaji pokoknya tidak sebesar itu. Rocky dan para maskot NBA punya kegiatan lain yang mendatangkan uang. Adanya rincian ini, membuat semua berpikir bahwa wajar kalau Rocky bisa kaya raya. 

Pertama, pemegang tiket musiman sudah ditambahkan USD 135 untuk bisa bertemu Rocky. Harga yang sama juga dibayarkan penonton non-musiman, kalau mereka ingin bertemu Rocky selama pertandingan, atau sekali bertemu dengan maskot Singa Gunung tersebut. Untuk kunjungan, tarif yang dibebankan adalah USD 750 untuk 1 jam. Sedangkan untuk pesta ulang tahun yang berdurasi 30 menit, Rocky mendapatkan bayaran USD 400 atau sekitar 6,1 juta rupiah. Rincian harga inilah yang membuat Rocky bisa mengumpulkan sekitar USD 625 ribu atau setara dengan 9,6 miliar rupiah per tahun. 

Bernard Goldberg dari HBO Real Sports mengungkapkan kalau maskot NBA punya jadwal khusus dan juga kode etik yang harus dipenuhi. Setiap tahun mereka juga mengadakan pertemuan. "Maskot memang tidak diizinkan untuk membuka identitas mereka. Bahkan untuk sekadar berbicara di depan publik. Mereka punya kode etik tersendiri," jelas Goldberg. 

Rocky The Mountain Lion menduduki peringkat pertama sebagai maskot NBA dengan bayaran tertinggi. Di peringkat kedua ada Harry The Hawks milik Atlanta Hawks dengan pendapatan sebesar USD 600 ribu, disusul maskot legendaris Benny The Bull milik Chicago Bulls yang punya bayaran USD 400 ribu per tahun. 

Dalam konteks NBA, memang masih wajar. Karena pendapatan mereka ada di bawah gaji minimum pemain NBA. Tapi kalau dibandingkan dengan gaji pemain WNBA, jumlah uang yang diterima para maskot tergolong besar. (*)

Foto: Northwestern University

Komentar