IBL

Setelah IBL Rookie Combine, tahapan untuk IBL 2023 yang akan diselenggarakan berikutnya adalah Draft IBL 2022 untuk pemain debutan dan pemain asing. Agenda ini akan dilaksanakan pada 11 Oktober 2022. Untuk ruki (rookie), setiap klub diwajibkan mengambil satu orang di Draft. Sedangkan untuk pemain asing, setiap klub mendapatkan jatah dua pemain dengan harga maksimal USD 5.000. 

Status pemain debutan akan dibagi dua, yaitu ruki Draft dan ruki rekomendasi. Khusus untuk draft, setiap klub diwajibkan mengambil satu pemain. Daftarnya sudah dirilis oleh IBL, dan pihak klub sudah diundang untuk menyaksikan kemampuan mereka dalam IBL Rookie Combine, yang diselenggarakan akhir bulan September 2022. 

Beralih ke pemain asing. Untuk kategori ini, IBL akan memberikan kuota dua pemain asing yang bisa dimasukkan dalam roster. Namun hanya satu pemain yang bisa diturunkan di lapangan. Jadi setiap klub akan memainkan pemain asing secara bergantian. Syarat utama yang harus dikantongi setiap pemain asing adalah sudah memiliki Letter of Clearence (LOC) dari FIBA. 

Komposisi pemain asing dalam klub adalah satu pemain dengan tinggi badan maksimal dua meter. Sedangkan untuk pemain asing kedua, tinggi badan bebas, atau tidak ada batasan tinggi badan. Untuk harga atau gaji per bulan, setiap pemain maksimal digaji USD 4.000. Dan, untuk dua pemain asing maksimal seharga USD 5.000. Daftarnya sendiri dibagi menjadi tiga, yaitu guard, forward, dan center.

Mencermati daftar pemain asing yang tersedia dalam Draft IBL 2022 cukup menarik, salah satunya Maxie Esho. Dia pernah berkiprah di basket profesional Asia Tenggara. Esho tercatat sebagai pemain Saigon Heat Vietnam, sebelum akhirnya berlabuh di tim CLS Knights Indonesia untuk ASEAN Basketball League musim 2018-2019. Bersama CLS Knights, Esho berhasil keluar sebagai juara ABL dan juga meraih gelar MVP. 

Kemudian ada nama Lucas Nogueira. Pada tahun 2013, Nogueira masuk Draft NBA. Dia diambil oleh Boston Celtics melalui Dallas Mavericks. Tapi Celtics menukar hak draftnya ke Atlanta Hawks, dan Nogueira bermain di Summer League NBA 2013 bersama Hawks. Pada tahun 2014, Nogueira pindah ke Toronto Raptors hingga tahun 2018. Dia bermain 141 pertandingan musim reguler NBA dan 13 pertandingan playoff. Nogueira tercatat sebagai pemain timnas Brasil. 

Ada pula nama Jamahl Smith, atau yang juga dikenal sebagai Chris Smith. Dia adalah adik dari JR Smith, pemain yang pernah juara NBA bersama Cleveland Cavaliers dan Los Angeles Lakers, yang juga dikenal sebagai sahabat LeBron James. Jamahl sendiri pernah bermain di New York Knicks untuk dua laga. Namun karir Jamahl tidak secemerlang kakaknya. Karenanya, dia memilih untuk berkarir di luar Amerika Serikat. 

Selain nama-nama baru, masih ada pemain-pemain asing yang pernah tampil di IBL sebelumnya.Seperti Dior Lowhorn, Kendal Yancy, Jontaveous Sulton, sama LaQuavius Cotton. (*)

Foto: Yoga Prakasita

Komentar