IBL

Yuta Watanabe dikabarkan menandatangani kontrak satu tahun dengan Brooklyn Nets. Dengan begitu, dia akan menjadi pemain Jepang kedua, di NBA musim 2022-2023. Sebab, Rui Hachimura masih menjadi pemain Washington Wizards. Yuta akan bergabung bermain bersama Kevin Durant dan Kyrie Irving. 

Pihak Nets tidak memberikan rincian soal kontrak Yuta. Namun menurut kabar yang disampaikan Michael Scotto dari HoopsHype, Yuta menandatangi kontrak tanpa jaminan. Artinya dia bisa saja diputus kontrak di tengah jalan. Atau, kalau sampai dirinya menyelesaikan kontrak musim depan, maka Yuta tidak punya ikatan lagi dengan Nets alias kembali berstatus "free agent". 

"Terima kasih banyak atas doanya. Tetapi bagaimanapun juga, ini masih kontrak yang tidak aman. Saya akan terus bekerja keras dengan mentalitas di tepi jurang," tulis Yuta dalam akun Twitter pribadinya. 

Pada musim 2021-2022, Watanabe Yuta bermain dalam 38 pertandingan musim reguler untuk Toronto Raptors. Dia mencetak rata-rata 4,3 poin dan 2,4 rebound dalam 11,7 menit per pertandingan. Meskipun semua orang tahu bahwa kontrak tanpa jaminan, tapi bukan berarti Yuta tidak pantas dipertahankan. Karena sejak masuk NBA, Yuta sudah mencuri perhatian bersama Raptors. Dalam dua musim terakhir, Yuta memainkan total 88 pertandingan bersama untuk Raptors, dengan 8 kali menjadi starter. 

Nets sekarang sudah punya 15 pemain di bawah kontrak. Dari jumlah tersebut 12 pemain punya kontrak yang ada jaminannya. Sementara itu, menurut Marc Stein dari Substack, Nets juga mengincar Markieff Morris, yang bisa menambah rotasi di frontcourt. Morris hanya bermain 17 pertandingan untuk Miami Heat di musim 2021-2022. Dia absen empat bulan, dan hanya mencetak rata-rata 7,6 poin dan 2,6 rebound per pertandingan. (*)

Foto: japanforward.com

Komentar