IBL

Ebrahim Enguio Lopez kembali ke Indonesia. Setelah tersiar kabar bahwa dirinya masuk dalam Draft PBA, ternyata urung tampil di liga tertinggi di Filipina tersebut. Kini pemain yang akrab disapa Biboy itu akan bermain untuk CLS Knights Indonesia di ASEAN Basketball League.

Semua yang hadir di GOR Kertajaya Surabaya di pertandingan CLS Knights Indonesia melawan Formosa Dreamers terkejut. Mereka bisa melihat bahwa unggahan di akun instagram pribadi Managing Partner CLS Knights, Christoper Tanuwidjaja benar adanya. Bahwa Biboy akan memperkuat tim asuhan Koko Heru Setyo Nugroho. Untuk pertama kalinya, Biboy diperkenalkan secara resmi sebagai pemain baru CLS Knights Indonesia.

Sehari setelahnya, Biboy tampil membela tim Stapac Jakarta di Jawa Pos-Honda Pro Tournament 2017. Ketika ditemui usai bertanding, Biboy tampak senang bisa bergabung dengan CLS Knights. Ia bisa kembali bermain setelah setahun tak tampil di liga. Karena saat itu, aturan IBL 2016 menghitung Biboy sebagai pemain asing. Sehingga manajemen Aspac (saat itu) mencoret namanya karena sudah ada Anthony Ray Hargrove Jr., yang sebenarnya juga pemain naturalisasi.

"Saya senang bisa kembali ke Indonesia. Memang saya di Filipina, tapi tidak menemukan kata sepakat dengan tim Blackwater Elite. Saya senang bisa bergabung dengan CLS Knights, dan bisa bermain di ABL," ucap Biboy, di DBL Arena.

Lebih mengejutkan lagi, ternyata ABL menghitung Biboy sebagai pemain lokal alias pemain Indonesia. Bukan sebagai pemain asing keturunan. Artinya jatah CLS Knights Indonesia untuk memasukkan pemain asing keturunan Asia masih ada satu slot lagi. Sebab di CLS Knights sudah ada Freddie Goldstein yang berstatus pemain asing keturunan.

"ABL hitung saya sebagai pemain Indonesia. Ya saya senang sekali dengan keputusan itu," kata pemain yang sudah memperkuat Aspac sejak tahun 2013 itu.

Sebagai pemain Indonesia, Biboy sudah dua kali tampil membela tim nasional di SEA Games. Pertama, dia bergabung di tim asuhan Fictor Gideon Roring dan merebut medali perak SEA Games 2015 Singapura. Lalu di SEA Games 2017 Malaysia, ia juga mempersembahkan medali perak bersama tim yang dipimpin oleh Wahyu Widayat Jati.

Hingga saat ini Biboy belum berlatih bersama CLS Knights. Sebab ia masih harus menyelesaikan kewajibannya tampil di Jawa Pos-Honda Pro Tournament 2017 bersama Stapac Jakarta. Sedangkan CLS Knights Indonesia akan terbang ke Singapura dan Thailand untuk menghadapi Singapore Slingers (26/11/2017) dan Mono Vampire Basketball Club (29/11/2017). Biboy dipastikan baru bisa bermain di laga kandang CLS Knights yang kedua melawan juara ABL 2016-2017, Hong Kong Eastern Sports Club (3/12/2017).

Foto: Dika Kawengian

Komentar