IBL

Legenda Chicago Bulls Dennis Rodman rencananya akan terbang ke Moskow, Rusia, untuk ikut dalam usaha untuk membebaskan Brittney Griner. Pemerintah Amerika Serikat juga sudah melakukan upaya pembebasan melalui jalur diplomatis. Sementara Rodman akan dijadwalkan bertemu Griner dulu, sebelum ikut dalam skenario diplomasi untuk membebaskan bintang WNBA tersebut. 

"Saya mendapat izin untuk pergi ke Rusia, dalam upaya membantu gadis itu (Brittney Griner)," kata Rodman, dikutip dari NBC Sports. "Saya akan pergi minggu ini."

Kehadiran Dennis Rodman ini memang menjadi pertanyaan. Siapa dia dan kapasitasnya dalam kasus ini?

Ternyata, mantan pemain berusia 61 tahun tersebut memiliki rekor terjun ke geopolitik yang tidak lazim. Ternyata di luar pemain basket, Dennis telah menjalin hubungan pertemanan dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un selama dekade terakhir. Dia juga berulang kali melakukan perjalanan ke negara tertutup itu. Rodman sempat bertemu mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump di Singapura pada 2018. Rodman juga pernah bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin sebelum kasus ini meledak.

Foto: wdrb.com

Brittney Griner berada di Rusia untuk bermain dengan tim profesional Yekaterinburg selama jeda musim kompetisi bersama tim Phoenix Mercury. Dia didakwa menyelundupkan narkotika dan dijatuhi hukuman sembilan tahun penjara di awal bulan Agustus 2022. Griner juga mengaku bersalah atas tuduhan itu, tetapi dalam pengadilan dia mengatakan tidak berniat menggunakan zat terlarang di Rusia. 

Peraih dua kali medali emas bola basket Olimpiade dan juara NBA tersebut ditangkap di bandara Moskow pada bulan Februari 2022 karena memiliki kartrid vape dengan sedikit minyak ganja. Sejak penangkapannya, Moskow dan Washington telah melakukan pembicaraan tentang pertukaran tahanan potensial, meskipun ketegangan meningkat atas intervensi militer Rusia di Ukraina. 

Kemampuan diplomasi dari Dennis Rodman akan dimanfaatkan pemerintah Amerika Serikat untuk mengupayakan pembebasan Brittney Griner. Seorang pejabat senior untuk pemerintahan Presiden Joe Biden mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pemerintah Amerika Serikat akan mencoba berbagai cara untuk membebaskan pemain WNBA tersebut. Termasuk dengan mengutus seorang duta, yang mana kali ini diwakili oleh Dennis Rodman. (*)

Foto: Pledge Times

Komentar