IBL

Pemain NBA yang tidak divaksinasi Covid 19 tidak akan bisa bermain di Kanada. Sama seperti musim lalu, para pemain atau pelatih NBA yang belum mendapatkan vaksin covid-19 tidak dapat melakukan perjalanan bersama timnya ke Toronto, untuk melawan Raptors. Musim depan aturan tersebut tidak diubah. NBA pun menghormati keputusan pemerintah Kanada. 

Musim lalu, Kyrie Irving hanya memainkan 29 pertandingan. Sebab dia tidak mau menerima vaksin covid-19, dan dicekal di beberapa kota, termasuk San Francisco dan New York. Namun sekarang, aturan ini longgar di beberapa wilayah. Namun kota Toronto, Kanada masih ketat soal aturan vaksin. Setiap orang yang masuk Kanada harus vaksin. Dengan begitu maka Toronto Raptors mungkin satu-satunya tim yang mewajibkan vaksin.

NBA bukan satu-satunya liga yang menerapkan aturan semacam ini. Di Major League Baseball, Toronto Blue Jays telah measakan dampak yang sama. Mereka terpaksa melepas salah satu pemain yang bernama Whit Merrifield, karena tidak mau vaksin. Sehingga pemain tersebut tidak bisa tampil di kandang sendiri. Karena tak mau rugi akhirnya Blue Jays terpaksa melepasnya. 

Foto: the score

Sementara itu, aturan vaksin Kanada tidak akan berdampak besar bagi NBA. Karena menurut data, sudah ada 97 persen pemain NBA yang sudah vaksin. Tapi sampai sekarang belum ada daftar lengkap siapa saja yang belum vaksin. Hanya Kyrie Irving dan Matisse Thybulle yang memang secara terang-terangan menolak vaksin covid-19. Sehingga dia sering disinggung oleh media, ketika ada kabar mengenai hal tersebut. Matisse Thybulle tidak bisa bermain di playoff ketika Philadelphia 76ers bertandang ke markas Toronto Raptors.

Menurut NBA, aturan ini bisa saja berubah sewaktu-waktu. Melihat perkembangan virus covid-19 di Kanada. Namun sebagai antisipasi, NBA menyatakan bahwa mereka akan menghormati aturan tersebut. Sama seperti tahun lalu. NBA juga berharap pemerintah Kanada bisa melakukan perubahan aturan saat musim baru digulirkan. (*)

Foto: Sun Sentinel

Komentar