IBL

Media-media di Indonesia gencar memberitakan Derrick Michael Xzavierro yang bergabung dengan Grand Canyon University, dan berpeluang tampil di NCAA. Namun publik basket India juga tengah bergembira, karena ada pemain asal Mohali, yang direkrut Monmouth University di West Long Beach, New Jersey. Dia bakal jadi pemain India pertama di NCAA Divisi 1, yang tampil di musim 2022-23. 

Sandhu tidak sendirian. Pemain asal Mohali, Punjab ini merupakan remaja ketiga yang dari NBA Academy India yang berhasil mendapatkan beasiswa di kampus Amerika Serikat. Dua rekannya adalah Sanjana Rames di North Arizona, dan seorang perempuan bernama Hasimran Kaur yang direkrut San Diego University.

Sandhu dan kedua rekannya menjadi angkatan pertama NBA Academy India yang dimulai pada bulan Mei 2017. Selama belajar di sini, Sandhu sudah mengikuti kamp Basketball Without Borders (BWB) tiga kali. Tahun 2018 di India, BWB Asia tahun 2019 di Tokyo, Jepang, dan tahun 2020 di BWB Global Camp Chicago, Amerika Serikat. 

Pemain setinggi 2,1 meter tersebut sempat membela timnas senior India di Shout Asian Games (SAG) 2019 di Nepal. Timnas putra India berhasil merebut medali emas. Kemudian pada tahun 2020 dia tampil di FIBA Asia Qualifiers. 

"Kami sangat bersemangat untuk menambahkan Amaan ke dalam program kami. Perjalanannya untuk sampai ke tempatnya sekarang luar biasa dan kami senang dia memilih untuk ikut dengan kami. Menjadi salah satu pemain pertama yang lahir di India yang pernah mendapatkan beasiswa bola basket putra Divisi I adalah hal utama bagi Amaan dan keluarganya," kata King Rice, kepala pelatih tim basket Monmouth University, dikutip dari monmouthhawks.com.

Amaan Sadhu bermain di posisi senter. Dia akan tampil di NCAA Divisi 1 tepatnya di Metro Atlantic Athletic Conference (MAAC). Konferensi ini berisi 11 kampus di tiga negara bagian timur laut Amerika Serikat, yaitu Connecticut, New Jersey, dan New York. (*)

Foto: Monmouth Hawks

Komentar