IBL

Setelah dikabarkan oleh banyak media beberapa pekan lalu, Los Angeles Lakers akhirnya mengumumkan pelatih baru mereka. Melalui rilis resmi, Jumat 3 Juni 2022, waktu setempat, Lakers resmi memilih Darvin Ham sebagai kepala pelatih. Meski tak disebutkan secara rinci, Ham akan mendapatkan kontrak lebih dari dua tahun.

"Saat seseorang memulai karier kepelatihannya dari G League dan berjalan sampai menjadi asisten pelatih di barisan depan bangku cadangan, Anda tahu individu tersebut punya karakter yang baik," terang Rob Pelinka, Wakil Presiden Lakers yang juga Manajer Umum.

"Saya rasa para penggemar pun akan segera melihat bagaimana kerja keras dan budaya bagus yang dibawa Darvin ke depannya. Kami yakin ia akan cocok menangani tim ini ke depannya dan untuk sekarang kami dengan bangga memperkenalkan ia sebagai kepala pelatih baru Lakers," pungkasnya.

Darvin adalah salah satu asisten penting Mike Budenholzer dalam membawa Milwaukee Bucks juara musim lalu. Musim ini pun, Bucks masih bertaji dan mungkin masih berlaga di playoff jika Khris Middleton tidak absen. 

Selain sebagai pelatih, Darvin juga memiliki sejarah juara kala masih bermain. Tercatat membela enam tim NBA dalam kurun delapan tahun kariernya, Darvin masuk skuad juara Detroit Pistons pada 2004.

Lakers sendiri bukanlah tim baru untuk Darvin. Pada 2011, ia sempat menjadi asisten pelatih Lakers. Ia mengabdi di tengah tiga pergantian kepala pelatih kala itu. Darvin datang saat Lakers ditangani Mike Brown yang hanya bertahan satu musim. Lalu ia masih ada di tim saat Bernie Bickerstaff menjabat dalam waktu yang singkat dan digantikan oleh Mike D'Antoni. 

Darvin akan jadi pelatih ke-28 dalam sejarah organisasi Lakers. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar