IBL

Los Angeles Lakers menjalani salah satu musim terburuknya dalam lima musim terakhir. Secara rekor, jelas ada catatan menang-kalah yang lebih buruk. Namun secara komposisi skuat, apa yang Lakers dapatkan musim ini adalah bencana besar.

Oleh sebab itu, salah satu sorotan tertajam di bencana ini terarah kepada kepala pelatih mereka, Frank Vogel. Terbaru, laporan Bleacher Report menyebutkan bahwa terlepas dari apapun hasil akhir Lakers musim ini, Vogel akan lengser dari kursinya.

Lakers memiliki rekor (31-47) sejauh ini. Lebih dari itu, dalam 37 gim terakhir atau paruh kedua musi , Lakers hanya mengantongi 10 kemenangan. Catatan ini bahkan lebih buruk dari Portland Trail Blazers yang memutuskan untuk membangun ulang skuat (rebuild) dan dilanda badai cedera. Rekor Blazers adalah (11-36). 

Meski Lakers juga dilanda beberapa badai cedera, mayoritas skuat yang berisi pemain veteran membuat Vogel menjadi sasaran sorotan. Ia dianggap tak mampu beradaptasi dengan situssi cedera dan dalam menentukan komposisi pemain.

Sepanjang musim, Vogel juga tampak bingung menentukan komposisi terbaik untuk skuatnya. Selain tiga bintang utama Lakers, ia tak konsisten mengisi dua slot pemain lainnya. Ada waktunya ia memainkan Anthony Davis di senter, ada juga DeAndre Jordan dan Dwight Howard mengisi posiis itu dan menggeser Davis ke posisi lain. 

Seiring dengan kabar kemungkinan berpisahnya Lakers dan Vogel, Bleacher Report juga membuka kemungkinan penggantinya. Menurut laporan tersebut, Quin Snyder dan Doc Rivers jadi dua kandidat terdepan yang ada di daftar manajemen Lakers.

Pun begitu, diyakini langkah Lakers untuk mendapatkan dua nama itu tidak mudah. Snyder masih mungkin bertahan dengan Utah Jazz. Di lain sisi, ia digadang-gadang akan menggantikan Gregg Popovich jika pensiun dari San Antonio Spurs. Keduanya punya filosofi bermain yang sama.

Doc pun bukan tidak mungkin akan dipertahankan oleh Philadelphia 76ers apalagi jika musim ini mereka melaju jauh di playoff. Selain itu, jika skenario Snyder ke Spurs terwujud, Doc sangat mungkin bergeser ke Jazz dengan kehadiran Danny Ainge sebagai jajaran manajemen mereka. Doc dan Danny bekerja sama di Boston Celtics sebelumnya.

Menarik melihat bagaimana Lakers akan menentukan nahkoda mereka musim depan. Di sisi lain, menarik juga menunggu bagaimana Lakers meramu skuat yang kompetitif lagi. Apakah trio bintang mereka akan bertahan musim depan? Atau Lakers berpindah haluan? Mari kita tunggu. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar