IBL

Sinyal akan kembalinya ASEAN Basketball League (ABL) terus bergulir. Dua turnamen di bulan April 2022 ini akan diselenggarakan di Bali membawa nama ABL. Pertama adalah ABL 3x3 International Champions Cup 2022 (ABL 3x3) dan kedua adalah ABL Pre-SEA Games Challenge 2022. Sebelumnya, pada bulan November 2021, ABL mengumumkan perekrutan tim baru Louvre Indonesia.

ABL 3x3 akan berlangsung di Bali pada tanggal 16 dan 17 April. Berselang satu hari, ABL Pre-SEA Games bergulir mulai dari tanggal 19 hingga 24 April. ABL 3x3 akan menjalankan nomor putra dan putri. Sementara ABL Pre-SEA Games hanya menggelar turnamen untuk tim putra saja.

Melalui edaran internal, Rabu (4/4) panitia penyelenggara telah menginformasi dan mengonfirmasikan para peserta yang akan ikut serta. Berikut adalah para peserta ABL 3x3, tim putra dan tim putri.

Putra:
- Timnas Vietnam
- Timnas Malaysia
- Timnas Kamboja
- Timnas Indonesia A
- Timnas Indonesia B
- Saigon Heat
- Singapore Slingers
- Louvre Surabaya
- Platinum (Filipina)
- Zamboanga Valiantes (Filipina)
- Shoot It Dragons (Thailand)
- YKBK (India)

Putri:
- Timnas Vietnam
- Timnas Singapura
- Timnas Indonesia
- Uratex (Filipina)
- Jumpshoot (Singapura)
- YKBK (India)

ABL Pre-SEA Games Challenge 2022 adalah semacam ajang pemanasan tim basket putra beberapa negara ASEAN yang akan berkompetisi di SEA Games 2022 yang akan berlangsung di Vietnam, 12 hingga 23 Mei 2022 nanti. Pada ajang ABL Pre-SEA Games, Timnas Indonesia belum memberi konfirmasi apakah akan ikut serta atau tidak. Menariknya, Vietnam kabarnya akan mencoba kekuatan yang akan mereka pakai di SEA Games 2022 di ajang ini. Kekuatan basket putra Vietnam menjadi perbincangan di kalangan basket Asia Tenggara menjelang SEA Games 2022. Mereka dikabarkan akan datang dengan kekuatan baru. Rumor yang beredar, ada delapan pemain Vietnam keturunan asing dan sangat piawai yang akan ikut berlaga.

Berikut adalah tim-tim peserta ABL Pre-SEA Games Challenge 2022.

- Timnas Vietnam
- Timnas Malaysia
- Timnas Singapura
- Timnas Kamboja
- Louvre Indonesia
- BBM CLS Knights
- Vis Min (Filipina)
- Zamboanga Valiantes (Filipina)

Hingga hari ini, Kamis (5/4), panitia belum mengumumkan roster atau daftar nama pemain dari setiap tim. Panitia juga akan memberi kabar susulan apakah dua turnamen yang membawa nama ABL ini bisa disaksikan langsung di tempat dan atau melalui layanan daring (streaming online). (*)

Foto: Mei Linda.

 

 

 

 

Komentar