IBL

Setelah berhasil membawa London Lightning memenangi gelar juara di liga basket profesional Kanada (NBLC), Kyle Julius diharapkan membawa Saigon Heat berprestasi lebih baik di ASEAN Basketball League (ABL) musim 2017-2018.

Tiga bulan sebelum ABL 2017-2018 dimulai, manajemen Saigon Heat (Vietnam) mengumumkan pergantian kepala pelatih. Mereka menunjuk Kyle Julius menggantikan posisi Anthony Garbelotto yang sebenanrnya sudah meninggalkan Heat sejak berakhirnya ABL 2016-2017. Strategi pelatih muda asal Kanada tersebut dibutuhkan Heat untuk mendongkrak penampilan mereka. Terbukti, pelatih kelahiran 1979 itu membawa sejumlah prestasi gemilang seperti NBLC dan terakhir membawa tim Tiongkok menjuarai Piala William Jones di Taiwan.

Merekrut Kyle Julius hanyalah salah satu langkah Saigon Heat untuk bisa tampil lebih baik. Sebab mereka kini belum menyelesaikan daftar pemain. Namun yang menggembirakan, sudah ada beberapa pemain yang bergabung seperti Arnold, Tam Dinh, Horace Nguyen, Moses Morgan dan Christien Charles. Selain itu, beberapa pemain lokal yang tampil di VBA 2017, kemungkinan besar akan direkrut oleh Heat. Mereka yaitu Dinh Tien Cong, Nguyen Van Hung, Trieu Han Minh, Nguyen Huynh Hai dan Le Ngoc Tu.

Ternyata langkah-langkah yang diambil manajemen Heat, tak sepenuhnya diterima oleh penggemar. Sebab manajemen membiarkan Lenny Daniel pergi meninggalkan Heat. Banyak pertanyaan dilontarkan, namun akhirnya CEO Saigon Heat memberikan jawaban.

"Tim Saigon Heat telah membuat langkah besar. Kami tak ingin hanya sampai di semifinal tiga musim berturut-turut. Tiga musim ada di semifinal dan belum pernah menang atau lolos ke final itu menyakitkan. Kami ini tampil lebih baik," kata Connor Nguyen, kepada thethaovanhoa.vn. "Sudah saatnya kami mencapai target yang baru. Untuk melakukannya kami akan mengambil keputusan sulit sekalipun. Kami merekrut pelatih Kylie Julius. Kami juga akan memilih pemain yang sesuai dengannya dan memberi kontribusi untuk ambisi besar ini."

Perwakilan Vietnam itu sudah mengikuti ABL selama enam musim berturut-turut. Musim ini persaingan semakin ketat dengan total sembilan kontestan. Setiap tim boleh memakai dua pemain asing dunia dan dua pemain asing keturunan (ada darah Asia Tenggara atau negara yang mereka wakili). ABL 2017-2018 akan bergulir mulai 17 November 2017 mendatang. Namun Saigon Heat baru akan bertanding di 9 Desember 2017. Di Vietnam sendiri, liga domestik (VBA) berakhir pada 3 Desember 2017.

Foto: windsorstar.com

Komentar