IBL

Michael Jordan dianggap sebagai salah satu yang terhebat yang pernah memainkan permainan basket. Dia punya enam cincin juara, dan berbagai penghargaan individu lainnya. Tapi dalam urusan bisnis, Jordan juga sangat mengesankan. Sepatu Air Jordan miliknya memainkan peranan penting untuk menopang kekayaaannya setelah pensiun. Begitu yang dikatakan miliuner Shawn Boulevardez Cotton. 

Cotton adalah seorang blogger jutawan dan pengusaha. Dia juga CEO blog hiburan populer, Say Cheese TV yang didedikasikan untuk budaya dan artis Hip-Hop. Shawn Cotton minggu lalu melakukan sebuah wawancara terkait tulisan yang dibuatnya mengenai usaha sepatu Michael Jordan dan keuntungan yang diperoleh mantan legenda Chicago Bulls tersebut. 

Menurut Cotton, Jordan mendapatkan 5 persen dari penjualan sepatunya. Kalau diuangkan, sekitar sekitar 10-12 dolar Amerika Serikat per sepatu. Uang yang kecil, tapi kalau sepatu yang di jual jumlahnya jutaan, maka Jordan mendapat jumlah yang fantastis. 

"Banyak yang melihat pada persentase. Padahal Jordan sebenarnya mendapatkan AS$150 juta per tahun atau setara dengan 2,1 triliun rupiah. Itu jumlah uang yang banyak," kata Cotton. "Bagi saya ini penghasilan yang luar biasa. Padahal Jordan hanya titip nama saja."

Kemitraan Jordan dan Nike dimulai sejak tahun 1984 ketika. Kesepakatan itu hanya bernilai AS$2,5 juta atau setara dengan 35 miliar rupiah. Karena saat itu Jordan belum menjadi bintang besar. Nike menggunakan strategi yang unik untuk mempopulerkan sepatu Jordan. 

NBA telah melarang Jordan mengenakan Air Jordan pertama karena tidak mematuhi aturan. Jordan tetap memakainya dan membayar denda AS$5 ribu (71,5 juta rupiah) setiap pertandingan. Nike dengan senang hati membayar denda yang pada akhirnya membantu sepatu Air Jordan mereka meledak di pasaran. Menurut Forbes, pada tahun 2021, Michael Jordan mendapatkan AS$150 juta per tahun dari penjualan Air Jordan. 

Meskipun perdebatan seputar siapa GOAT di lapangan mungkin masih belum jelas, karena ada LeBron James. Tapi tampaknya cukup jelas siapa GOAT di ranah sepatu basket. (tor)

Foto: Forbes

Komentar