IBL

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Zainudin Amali hadir pada final party Honda DBL 2021 DKI Jakarta Series di Gelanggang Remaja Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Sabtu (23/10) petang. Menpora memuji pelaksanaan Honda DBL Seri DKI Jakarta yang komitmen dengan protokol kesehatan (prokes) ketat. Sesuai Instruksi Mendagri 47/2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) wilayah Jawa dan Bali.

Mulai dari syarat wajib sudah vaksin dua kali bagi seluruh yang terlibat. Hingga dijalankannya screening negatif Covid-19 bagi siapapun yang terlibat selama kegiatan. Melalui tes PCR yang hingga babak puncak kemarin total telah dilakukan 2.100 kali dan 1.100 tes swab antigen. Meliputi pemain basket, ofisial tim, peserta dance, perangkat pertandingan, hingga panitia.

Dalam kesempatan itu, Menpora memyampaikan alasan mengapa ia langsung menjadi garda terdepan ketika DBL Indonesia mengajukan perizinan pelaksanaan Honda DBL musim 2021-2022.

"Kenapa saya dukung kompetisi seperti Honda DBL ini dilaksanakan, karena para atlet perlu kompetisi, dari kompetisi ini bisa dilihat hasil latihan mereka, kita bisa mengukur kemampuan, kalau tidak ada kompetisi, kita tidak bisa lihat kemajuan dari si atlet itu," ujarnya.

Setelah Seri DKI Jakarta, Honda DBL 2021-2022 akan berlanjut di Surabaya (Seri Jawa Timur), yang direncanakan berlangsung 27 Oktober hingga 21 November. Lalu, berlanjut dengan Seri Jabar di Bandung (6-18 November), Seri Bali di Denpasar (17-25 November), serta Seri DI Jogjakarta (23 November hingga 3 Desember). Serta, seri-seri berikutnya se-Indonesia yang totalnya mencapai 22 provinsi. Dari Aceh sampai Papua.

Kesuksesan Honda DBL Seri DKI Jakarta ini diharapkan ke depannya bisa juga diikuti dengan penyelenggaraan di luar Jawa-Bali. Zainudin Amali yang akan memfasilitasi dengan membuka komunikasi kepada Menko Perekonomian sekaligus penanggung jawab PPKM di Luar Pulau Jawa dan Bali, Airlangga Hartarto. "Sukses di Jawa-Bali, semoga juga bisa sukses di luar Jawa dan Bali," tandasnya.

Secara intens, Menpora memang memiliki andil dan peran besar atas terselenggaranya Honda DBL 2021-2022 ini. Hal ini disampaikan oleh Azrul Ananda, CEO dan Founder DBL Indonesia. ”Ketika awal pandemi, sekitar Juli tahun 2020, Bapak Menpora menyempatkan waktunya untuk berdiskusi secara online bersama kami (DBL Indonesia), para partner setia Honda DBL, perwakilan Perbasi, para pelatih, pemain, dan orang tua. Saat itu beliau berkomitmen untuk membantu agar kompetisi Honda DBL ini bisa jalan,” ujar Azrul.

Komitmen itu, lanjut Azrul, dipenuhi oleh Menpora dengan ikut menjadi garda terdepan selama proses perizinan hingga pelaksanaan Honda DBL musim 2021-2022. "Terimakasih banyak, Bapak Menpora punya peran penting dalam keberlangsungan Honda DBL tahun ini. Jauh sebelum dimulainya Honda DBL, beliau sudah berbicara pada atlet pelajar untuk tetap bersiap jika sewaktu-waktu Honda DBL berlangsung seperti sekarang ini. Terima kasih juga kepada Kemenko Marves, Kemenkes, PP Perbasi, serta tak terkecuali Pemerintah Provinsi DKI Jakarta beserta seluruh jajaran,” cetus Azrul. 

Ucapan terimakasih juga disampaikan Andy Wijaya, General Manager Marketing Planning & Analysis dari PT Astra Honda Motor (AHM), sebagai partner utama liga basket pelajar terbesar se-Indonesia ini sejak 2008. “Kami sebagai partner utama DBL Indonesia tentu tidak ingin mengecewakan, adanya protokol kesehatan ini merupakan usaha bersama, jangan sampai mengecewakan pemerintah pusat maupun daerah yang telah memberikan kepercayaan kepada kita semua,” ucapnya.

Buksi Sukses Three Peat, Seventy Juara Putri

Dari hasil final putra, tim SMA Bukit Sion Jakarta akhirnya sukses keluar sebagai juara setelah berhasil menundukkan SMAN 61 Jakarta dengan keunggulan 71-43. Ini adalah gelar ketiga secara beruntun bagi Buksi (julukan SMA Bukit Sion) di Honda DBL Seri Ibu Kota. Setelah mereka sukses menjadi champion pada dua edisi sebelumnya, 2018 dan 2019.

Sementara itu, juara baru dari sektor putri berhasil direbut SMAN 70 Jakarta atau Seventy. Tim sekolah asal Bulungan itu berhasil mengalahkan SMA Kristoforus 1 dengan keunggulan tipis 45-40.(gun)

Foto: DBL Indonesia

Komentar