IBL

Kevin Garnett memang hanya bermain enam musim dengan Boston Celtics, tapi enam musim itu meninggalkan kesan yang amat berarti. Terbukti dengan pengumuman terbaru Celtics yang akan mempensiunkan jersei nomor punggung lima milik Garnett pada 13 Maret 2022 nanti.

Upacara tersebut akan digelar di laga melawan Dallas Mavericks. Pemain yang akrab dengan akronim KG ini akan jadi pemain ke-24 yang jerseinya dipensiunkan oleh Celtics. Itu juga berarti ada 24 nomor punggung yang tidak bisa digunakan lagi di masa-masa mendatang. Pemain terakhir yang dipensiunkan jerseinya oleh Celtics adalah Paul Pierce pada 2018.

Meski singkat, keberadaan Garnett di Celtics memang sangat berpengaruh. Datang melalui proses pertukaran pemain terbesar kala itu, Garnett langsung membawa Celtics juara di musim pertamanya. Ia juga membawa pulang gelar Defensive Player of the Year kala itu.

Setelah juara, Garnett sempat mengalami cedera yang mengharuskannya menepi dalam waktu lama di musim selanjutnya. Absennya Garnett membuat Celtics gagal mengulang gelar juara. Menariknya, setelah Garnett pulih total di musim 2009-2010, Celtics berhasil kembali melaju ke final. Sayangnya, gelar juara gagal mereka dapat setelah mendiang Kobe Bryant tampil heroik di final.

Selain Celtics, besar kemungkinan Garnett juga akan mendapatkan upacara serupa dari Minnesota Timberwolves. Meski sejauh ini tidak ada pembicaraan resmi, Garnett sampai sekarang adalah sosok pemain terhebat dalam sejarah Timberwolves. Ia adalah satu-satunya pemain Timberwolves yang masuk jajaran Hall of Fame sejauh ini. Selama berkarier di Timberwolves, Garnett menggunakan nomor punggung 21. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar