IBL

Kemenangan Phoenix Suns di gim pertama Final NBA 2021 memakan korban. Di balik euforia tersebut, Suns harus menerima kabar buruk bahwa forwarda mereka, Dario Saric, mengalami cedera Anterior Cruciate Ligament (ACL). Saric dipastikan tidak akan bermain lagi di seluruh laga final. Kabar ini datang langsung dari tim.

Seric mengalami cedera di kuarter pertama. Saat berusaha melakukan drive di tengah penjagaan Brook Lopez, Saric melakukan gerakan drop step (meloncat dan mendarat dengan dua kaki). Sayangnya, pendaratan Saric tidak sempurna. 

Di tayangan ulang, terlihat jelas lutut kanan Saric seperti bergoyang. Ini adalah salah satu indikasi area Cruciate Ligament bermasalah. Saric tak mampu melanjutkan penguasaan bola setelahnya. Ia dibopong keluar lapangan dan tak lagi tampil di sisa pertandingan. Saric total tampil dua menit dan mencetak satu rebound saja.

"Ini adalah salah satu situasi yang membuat Anda bersedih," terang Monty Williams dalam rilis tim. "Saya sudah dua kali bekerja dengan Saric. Saya pertama bertemu dengannya di Philadelphia 76ers dan kembali bersama di sini. Ia adalah gambaran dari kultur basket Suns sendiri. Pekerja keras, pribadi yang luar biasa, dan ia sangat bersemangat menyambut final ini. Kenyataan ini (cedera) adalah sebuah kabar yang berat untuk kami semua hari ini," Imbuhnya.

Saric adalah pelapis andalan Monty untuk posisi Deandre Ayton, utamanya selama playoff. Saric rata-rata bermain 11 menit per gim dan mencetak 4,8 poin dan 2,6 rebound. Kelebihan Saric adalah ia bisa memberi ancaman dari luar garis busur dengan akurasi tripoin di angka 44 persen. 

Tanpa Saric, Torrey Craig mendapatkan menit bermain lebih banyak. Akan tetapi, memilih Craig juga berarti turun dengan skuat yang lebih kecil secara postur (small line-up). Pilihan Monty lainnya adalah Frank Kaminsky. Namun, Frank belum benar-benar teruji di playoff kali ini. Ia baru bermain 7 gim dan rata-rata main 6 menit per gim.

"Kami punya opsi yang benar-benar berbeda. Frank (Kaminsky) memberikan kami postur dan kemampuan mengatur serangan yang lebih baik. Ia adalah pemain yang pintar. Di gim 1 sendiri, kami lebih banyak bermain small line-up dengan Craig. Kami juga masih punya Abdel Nader yang bisa memberi variasi komposisi lain. Jadi, kami akan memutuskan komposisi seiring berjalannya waktu dan tiga orang itu adalah opsi di kepala saya," tutup Monty.(DRMK)

Foto: NBA

Komentar