IBL

 

Kembali ke Bandung, Indonesian Basketball League (IBL) 2017 menutup hari pertama dengan pertemuan rival sekota. Dalam pertandingan itu, Bank BJB Garuda Bandung berhasil memenangkan pertandingan atas JNE Siliwangi Bandung. Garuda unggul 75-54 di C-Tra Arena, Bandung, Jawa Barat, Jumat (17/3).

Tampil dominan, Chris Ware hampir mengumpulkan triple-double untuk Garuda. Ia membukukan 27 poin dan 12 rebound dengan tambahan 7 blok. Di tempat kedua, Diftha Pratama dengan 12 poin, 4 rebound, dan 3 steal. Sementara itu, Siliwangi bertumpu pada performa duo asing mereka. Raheem Singleton dan Chris Brand masing-masing mencetak 18 poin dan 7 rebound.

Di paruh waktu pertama, pertandingan berlangsung ketat. Kedua tim saling balas poin demi meraih kemenangan. Hanya saja, Garuda lebih dominan tanpa pernah mengakhiri tiap kuarter dengan ketinggalan. Mereka menutup kuarter kedua dengan skor 36-31.

Paruh waktu berikutnya, pertandingan bertambah panas. Bahkan sempat terjadi beberapa kali kemelut di tengah lapangan. Beruntung, masalah tidak berlarut terlalu dalam. Pertandingan terus dilanjutkan di bawah kepemimpinan wasit Harja Jaladri dkk.. Pertandingan pun berakhir dengan aman, Garuda kemudian sukses menumbangkan rival sekotanya 75-54.

Mengenai kemenangan itu, Ricky Dwitauri, asisten pelatih Garuda, mengomentari konsistensi timnya sendiri. Katanya hal itu menjadi salah satu modal untuk menang malam itu. Apalagi pertandingan itu sekaligus mengamankan posisi mereka untuk turut berpartisipasi di Playoff.

Selain itu, Garuda juga berhasil menekan angka turn over. Totalnya, Garuda hanya kecolongan enam kali turn over. Sementara mereka sendiri malah berhasil memanfaatkan kelengahan lawan. Garuda menuai 25 poin dari kesalahan Siliwangi. “Canggih banget,” puji Ricky.

Dari kubu Siliwangi, Kepala Pelatih Raoul Miguel Hadinoto mengakui keunggulan lawan. Menurutnya Garuda memang lebih siap melakoni laga. Apalagi, katanya, timnya kesulitan mengendalikan tekanan dalam pertandingan. Belum lagi dengan masalah fisik yang menjadi momok lain kekalahan itu.

Dengan demikian, menurut Raoul lagi, selanjutnya Siliwangi sudah harus berbenah dalam banyak hal. Kesempatan melaju ke Playoff sudah tidak memungkinkan. Akan tetapi, mereka masih harus menjamu tim kuat Satria Muda Pertamina Jakarta pada Sabtu (18/3). Begitu pun dengan Garuda, mereka akan bertemu Satria Muda di hari berikutnya.

 

Hasil Pertandingan Hari 1 Seri 8 IBL 2017:

W88.news Aspac Jakarta 78-60 Bima Perkasa Jogjakarta

Satria Muda Pertamina Jakarta 81-57 NSH Jakarta

Pacific Caesar Surabaya 85-71 Satya Wacana Salatiga

Bank BJB Garuda Bandung 75-54 JNE Siliwangi Bandung

Foto: Hari Purwanto

Komentar