IBL

Merah Putih Samator Jakarta menang atas Sahabat Semarang, 55-41, di laga penyisihan terakhir grup B, Rabu, 31 Januari 2018. Ini artinya mereka sudah membungkus dua kemenangan. Di semifinal, MP Samator akan menantang juara bertahan, Surabaya Fever.

Sejatinya bukan kali pertama bagi MP Samator menghadapi Fever. Di babak penyisihan Seri 1 Makassar, mereka juga berjumpa lawan yang sama. MP Samator kalah 50-81. Tapi kali ini auranya berbeda, kedua tim berjumpa di semifinal. Tentunya MP Samator tak mau menyerah begitu saja menghadapi pertarungan dengan tuan rumah.

Mental pemain MP Samator saat ini sedang bagus. Mereka bisa menang dua pertandingan. Satu kekalahan di babak penyisihan didapat dari Merpati Bali. Tetapi kondisi pemain sedang kurang baik. Isabelle Suryaman tampaknya tidak dalam kondisi prima. Ini karena, Isabelle sempat mendapat perawatan serius di dua pertandingan penyisihan karena cedera lutut. Meski begitu, satu hari istirahat bisa dimanfaatkan untuk pemulihan cederanya.

"Saya kira masih bisa bermain. Dia bisa istirahat dulu, dan kami akan lihat perkembangannya nanti," ucap manajer MP Samator, Liana Sihombing.

Menanggapi pertandingan yang akan dihadapi, kepala pelatih MP Samator, Nina Yunita mengatakan bahwa timnya harus berjuang keras untuk bisa mengalahkan Fever. Apalagi bila Isabelle tidak memungkinkan untuk diturunkan, maka usaha tersebut akan semakin berat.

"Di Makassar, ada Isabelle saja kami kalah jauh. Apalagi ini, kami masih menunggu kepastian perkembangan kondisinya," kata Coach Nina. "Mengenai lawan, kami memang punya kualitas di bawah mereka. Tapi kami bertekad untuk tidak menyerah begitu saja. Kalau pun kami kalah, kami tidak ingin kalah dengan skor yang mencolok."

Di pertandingan terakhirnya, MP Samator memang tidak menemui kesulitan menundukkan Sahabat. Hanya saja, ketika mereka lengah di awal kuarter keempat, Sahabat mampu mengejar. Dua lay-up berturut-turut dari Ratnani Ayu di lima menit pertama kuarter keempat, membawa Sahabat menyusul 39-47. Ini menjadi jarak terdekat Sahabat dengan MP Samator. Selebihnya, Dinda Putri dan kawan-kawan bisa tetap menjaga keunggulan.

MP Samator beruntung punya Jessie Kristina di bangku cadangan. Sebab, saat guard utama tidak bermain, dia mampu tampil luar biasa. Ia memasukkan tiga dari lima kesempatan tembakan tripoin. Total poin yang dicetak Jessie sebanyak 14 poin. Ia masih menambahkan 4 rebound, 2 asis dan 1 blok. Sedangkan mesin poin MP Samator, Michelle Kurniawan menyumbangkan 11 poin.

Di kubu Sahabat, kali ini menampilkan permainan yang kurang baik. Akurasi tembakan (field goals) tim asuhan kepala pelatih Xaverius Wiwid itu hanya mencapai 20 persen saja (14/67). Sumbangan dari tembakan jarak jauh juga tidak maksimal. Hanya lima dari 24 percobaan tembakan yang menemui sasaran. Poin terbanyak Sahabat dicetak oleh Ratnani Pertiwi dengan 10 poin. (*)

Foto: Hariyanto

Komentar