IBL

Beberapa cabang olahraga yang dilombakan di Asian Games 2018 mendatang akan menggelar Test Event. Agenda ini bertujuan agar Panitia Penyelenggara (Panpel) bisa mempersiapkan segala sesuatu sesuai dengan apa yang akan dijalankan nanti di Asian Games, bulan Agustus mendatang. Termasuk juga di cabang olahraga basket.

Indonesian Asian Games Organizing Committee atau INASGOC akan menggelar Test Event 18th Asian Games Invitational Tournament "Road to Asian Games 2018" pada 8 hingga 12 Februari 2018. Basket sendiri akan diikuti empat negara yaitu Indonesia, Thailand, India, dan Timor Leste. Semua pertandingan dilangsungkan di Hall Basket Senayan, Jakarta.

Untuk persiapan tim nasional basket Indonesia, saat ini Perbasi sudah memanggil 12 pemain beserta ofisial. 12 pemain tersebut antara lain;

1. Andakara Prastawa Dhyaksa - Stapac/Pengprov DKI Jakarta
2. Arki Dikania Wisnu - Satria Muda/Pengprov DKI Jakarta
3. Jamarr Andre Johnson - Satria Muda/Pengprov DKI Jakarta
4. Christian Ronaldo Sitepu - Satria Muda/Pengprov Kalimantan Timur
5. Adhi Pratama Prasetyo Putra - Pelita Jaya/Pengprov DKI Jakarta
6. Kevin Yonas Argadhiba Sitorus - Satria Muda/Pengprov Kalimantan Selatan
7. Daniel Timothy Wenas - Pelita Jaya/Pengprov DKI Jakarta
8. Avan Seputra - Satria Muda/Pengprov Jawa Timur
9. Xaverius Prawiro - Pelita Jaya/Pengprov DKI Jakarta
10. Respati Ragil Pamungkas - Pelita Jaya/Pengprov Jawa Tengah
11. Valentino Wuwungan - Pelita Jaya/Pengprov Sulawesi Utara
12. Kaleb Ramot Gemilang - CLS Knights/Pengprov Jawa Barat

Sementara itu untuk tim ofisial terdiri dari Andiko Ardi Purnomo sebagai manajer tim. Lalu Fictor Gideon Roring menjabat sebagai kepala pelatih. Coach Ito -panggilannya- didampingi empat asisten pelatih yaitu Johannis Winar, Youbel Sondakh, Hermanto dan Rohimi Jabar Nur.

Ke-12 nama ini memang bukan tim yang akan tampil di Asian Games bulan Agustus nanti. Sebab masih ada nama-nama yang sudah ada dalam incaran Coach Ito yang sengaja tidak dipanggil. Coach Ito bermaksud untuk menggunakan Test Event sebagai ajang uji coba beberapa pemain.

"Pemain yang saya panggil tidak semuanya pemain muda. Ada juga pemain yang solid, artinya saya sudah nyaman dengan mereka," ucapnya. "Karena waktu persiapan pendek, maka saya akan mulai pakai sistem permainan yang sesungguhnya. Jadi saya tidak ada waktu untuk coba-coba lagi."

Dari daftar pemain yang dipanggil untuk bergabung dengan timnas putra Indonesia, ada beberapa nama baru di timnas senior seperti Valentino Wuwungan, Respati Ragil Pamungkas, Avan Seputra dan Daniel Wenas. Mereka, menurut Coach Ito, adalah pemain yang ingin dilihat kemampuannya sebelum benar dipilih.

Sementara itu, ada pula nama pemain naturalisasi Jamarr Andre Johnson. Coach Ito menyebut bahwa timnas sebenarnya memang butuh jasa pemain naturalisasi. Tapi untuk saat ini, hanya Jamarr yang ada di Indonesia.

"Soal naturalisasi, saya sebenarnya ingin cari yang lebih bagus. Karena untuk bertarung di Asia, pemain naturalisasi kita masih kurang. Tapi karena yang ada itu, jadi akan saya pakai. Bukan hanya saya pakai, tapi tenaga mereka akan saya kuras untuk timnas Indonesia," kata Coach Ito.

Timnas putra akan berkumpul setelah IBL 2017-201 Seri 7 Cirebon berakhir (2-4 Februari). Sementara itu, setelah Test Event nanti timnas putra berencana untuk mengadakan pemusatan latihan. (*)

Foto: Dika Kawengian

Komentar