IBL

Pertemuan Singapore Slingers dan Westports Malaysia Dragons memang selalu menarik untuk disaksikan. Di pertandingan sebelumnya, Slingers menang. Kali ini, Dragons berusaha membalas. Namun apa daya, setelah melewati drama dua kali overtime, Dragons menyerah 89-90 di OCBC Arena, Singapura (28/1/2018).

Slingers melaju dengan keunggulan 44-29. Kondisi ini membuat Dragons frustasi karena akurasi tembakannya buruk. Pemain asing Marcus Marshall dan AJ West kesulitan menghentikan permainan Slingers yang efisien.

Tapi angin berpihak pada Dragons di kuarter ketiga. Marshall mencetak 11 poin yang membawa Dragons menyusul 47-48. Saat sedang mengejar ketertinggalan, justru Marshall harus dibawa ke luar lapangan. Di sisa tiga menit kuarter keempat, Marshall mengalami cedera. Kondisi ini semakin menyulitkan Dragons.

Beruntung ada Patrick Cabahug dan Joshua Munzon. Dua pemain asing keturunan milik Dragons benar-benar berjasa. Munzon berhasil memaksa AJ Mandani dihukum unsportmanlike foul. Sedangkan Cabahug mencetak poin lewat tembakan bebas yang membuat laga harus dilanjutkan ke babak overtime karena skor sama kuat 72-72.

Periode tambahan pertama berlangsung sengit. Kedua tim seimbang. Sebuah tembakan oleh Alexander dengan sisa 43 detik memberi Slinger keunggulan tipis dua poin, 81-79. Tapi lemparan bebas Cabahug, lagi-lagi membuat waktu pertandingan bertambah.

Dragons berbalik memberi tekanan pada Slingers, saat mereka melaju ke keunggulan enam poin lewat AJ West dan Munzon. Namun Slingers mengambil keuntungan saat Alexander dan Charles menyerang tak bisa dihentikan di area lubang kunci. Poin dari Christien Charles dan lemparan bebas Alexander memberi Slingers satu poin memimpin dengan 22 detik tersisa. Dragons memang memiliki satu kesempatan terakhir, tapi tembakan Munzon tidak tepat sasaran. Slingers merayakan kemenangan atas usaha keras mereka.

Pemain asing dunia, Xavier Alexander dan Chris Charles masing-masing turun selama 50 dan 48 menit yang sangat melelahkan. Mereka berperan penting bagi kemenangan Slingers. Alexander selesai dengan 32 poin, 8 rebound, 8 asis dan 7 steal, sementara Charles mencetak 17 poin, 18 rebound dan 3 blok. (*)

Foto: aseanbasketballleague.com

Komentar