IBL

Alab Pilipinas melanjutkan tren positif di ajang ASEAN Basketball League (ABL) 2017-2018. Mereka tak gentar menghadapi Saigon Heat yang terkenal sebagai pembunuh raksasa. Alab menang 93-85 di CIS Arena Ho Chi Minh City, kandang Heat (28/1/2018). Ini menjadi kemenangan ketiga beruturut-turut bagi Alab sekaligus kemenangan kelima yang didapatkan saat laga tandang. Mereka kini bertengger di posisi empat klasemen sementara dengan rekor 6-4.

Renaldo Balkman mengumpulkan 26 poin, 20 rebound dan empat steal, kendati di babak pertama sempat menepi karena cedera. Sedangkan Justin Brownlee mencetak 25 poin, 15 rebound dan tiga asis. Sementara Domingo mencetak 14 poin termasuk reverse layup yang membawa Alab unggul 64-54 di kuarter ketiga.

Heat memang sempat menyusul di menit-menit akhir kuarter keempat. Dua tembakan bebas Akeem Scott membuat skor menjadi 83-85 untuk Heat. Tapi tak lama kemudian, Alab memasukkan lima poin beruntun dari Urbiztondo, Balkman dan Bobby Ray Parks. Inilah yang membuat Alab mengunci kemenangan dengan unggul 90-83.

Meski kalah, Moses Morgan bisa mencetak 27 poin dan lima rebound untuk Heat. Kemudian Akeem Scott bisa menambahkan 26 poin, 7 rebound, 3 blok dan 2 asis. Lalu Maxie Esho membukukan 23 poin dan 12 rebound.

Kemenangan tersebut memang membuktikan bahwa para pemain Alab tidak terganggu dengan kabar yang beredar belakangan ini. Sebab sebelumnya, wakil Filipina itu dikabarkan akan ditinggalkan sponsor utamanya, Tanduay. Pada pertandingan ini, logo Tanduay tetap ada di seragam pemain Alab. Namun kebenaran kabar ini tentu bisa dibuktikan saat mereka tampil di Sta. Rosa Multi-Purpose Complex yang digunakan sebagai kandang Alab saat menjamu Chong Son Kung Fu (31/1/2018). Bila sudah tidak terlihat logonya, maka Alab benar-benar sudah ditinggalkan sponsor utamanya. (*)

Foto: aseanbasketballleague.com

Komentar