IBL

Setelah menjabat sebagai pelatih kepala sementara (interim head coach), Brian Keefe akhirnya ditunjuk sebagai kepala pelatih tetap Washington Wizards. Ini akan menjadi pertunjukan resmi pertama Keefe sebagai kepala pelatih. Pertama kali memulai karirnya sebagai koordinator video untuk San Antonio Spurs, Keefe sebelumnya juga pernah menjabat sebagai asisten di sejumlah tim NBA. 

Wizards mempekerjakan Brian Keefe sebagai kepala pelatih ke-26 dalam sepanjang sejarah klub. Manajemen ingin membangun kembali tim bersama seorang pemikir bola basket berpengalaman yang dikenal karena keberhasilannya dalam membina pemain muda. Keefe ditunjuk sebagai kepala pelatih sementara pada 25 Januari setelah Wes Unseld Jr. dicopot dari posisinya. 

"Kami sangat bersemangat untuk Brian menjadi pelatih kepala kami berikutnya. Brian terbukti menjadi motivator dan penghubung orang-orang," kata GM Wizards Will Dawkins.

Foto: The Athletic

Keefe, yang merupakan asisten utama Unseld, segera mengembalikan energi ke daftar pemain yang telah kehilangan semangatnya di lapangan, bahkan jika daya saing yang baru ditemukan tidak muncul dalam rekor tim. Wizards mencetak rekor 8-31 di bawah Keefe, setelah mencatatkan rekor 7-36 di bawah Unseld untuk mengawali musim. Wizards menyelesaikan musim 2023-2024 dengan rekor terburuk kedua di NBA yaitu 15-67. 

Namun Keefe mendapat pujian dari para pemain di akhir musim atas kemampuannya berkomunikasi, kesediaannya untuk meminta pertanggungjawaban dari pemain ketika melakukan kesalahan, dan kemampuannya untuk menempatkan mereka pada posisi yang tepat. 

"Dia benar-benar membangkitkan tim," kata Kyle Kuzma bulan lalu. "... Paruh pertama musim itu, ada banyak pertandingan yang pertandingannya berakhir pada babak kedua, pertandingan berakhir pada enam menit pertama babak kedua. Kami mulai sulit berkompetisi."

Namun sebelum memulai pekerjaannya, Keefe perlu mengumpulkan staf kepelatihan yang baru. Karena kabarnya, kontrak beberapa asisten pelatih yang dipekerjakan di bawah Unseld, termasuk Zach Guthrie, Joseph Blair, Mike Miller dan James Posey, tidak diperpanjang. 

"Saya berterima kasih kepada Michael Winger dan Will Dawkins atas kesempatan memimpin Washington Wizards," kata Keefe dalam pernyataan yang dirilis oleh tim, menyebut presiden Monumental Basketball dan manajer umum Wizards. 

"Saya berharap dapat terus bekerja dengan para pemain kami dan membantu mereka tumbuh dan berkembang. Sebagai sebuah tim, kami berkomitmen pada pendekatan kolaboratif dan kerja keras, yang memungkinkan kami berkembang setiap hari."

Brian Keefe memulai karirnya sebagai koordinator video dengan San Antonio Spurs pada tahun 2005 dan sebagai asisten telah menjadi bagian dari tim yang telah mendapatkan tempat playoff delapan kali, termasuk lima penampilan playoff berturut-turut oleh Oklahoma City Thunder dari 2009-2010 hingga 2013-2014. Di sana, dia membantu membentuk Russell Westbrook dan Kevin Durant muda. Dia juga bekerja sama dengan bintang Thunder saat ini, Shai Gilgeous-Alexander, selama tugas keduanya di Oklahoma City (2019-2020). (*)

Foto: Yahoo!Sports

Komentar