IBL

Persaingan di Divisi Merah memanas setelah hasil pertandingan yang terjadi pada lanjutan IBL 2017-2018 hari kedua (20/1/2018) di Seri 5 Surabaya. Bank BPD Bima Perkasa kalah dari Pacific Caesar Surabaya, 67-82. Akibatnya mereka tetap ada di urutan kedua dengan 14 poin. Sedangkan poin yang sama (14 poin) dikumpulkan oleh Garuda Bandung. Ini lantaran Garuda kalah dari BSB Hangtuah, 71-74.

Kemenangan Hangtuah kali ini terbilang sangat penting. Sebab mereka kini menancapkan keunggulan head-to-head 2-0 atas Garuda. Kemenangan pertama didapatkan Hangtuah di Seri 3 Solo. Kala itu, Hangtuah menang 83-62. Berarti, Hangtuah bisa kembali meramaikan perebutan tiket playoff. Karena mereka sudah mengumpulkan empat kemenangan.

"Kalau berbicara playoff, memang masih jauh. Tapi kami sekarang punya kans untuk ke sana. Setelah kemarin jauh dari harapan itu. Kami akan bermain maksimal di setiap laga tersisa," kata Andika Supriadi Saputra, kepala pelatih Hangtuah.

Di laga ini, Hangtuah harus bekerja keras. Mereka tertinggal 7-11 di kuarter pertama. Usaha keras pemain-pemain Hangtuah berbuah manis di kuarter ketiga. 32 poin yang dicetak di kuarter ini, membawa Hangtuah berbalik unggul 56-44. Garuda yang sebelumnya sangat produktif, tiba-tiba hanya bisa menambahkan 15 poin saja.

Garuda pantang menyerah di kuarter keempat. Gary Jacobs Jr. mencetak empat poin beruntun dan memperkecil kedudukan menjadi 65-69. Tapi waktu tersisa hanya dua menit saja. Kondisi semakin sulit bagi Garuda setelah Gary harus mendapatkan perawatan karena cedera. Tapi ia bisa kembali lagi ke lapangan. Gary juga yang akhirnya mencetak dua poin dan membuat Garuda menyusul 71-74. Di detik-detik terakhir Diftha Pratama gagal memanfaatkan kesempatan tembakan tiga angka. Laga pun dimenangkan oleh Hangtuah.

"Kejadiannya sama. Kekalahan yang kami alami dari Hangtuah kali ini betul-betul sama dengan kekalahan kami di Solo. Saat kami gagal menembak, bola defensive rebound dimanfaatkan oleh Hangtuah menjadi poin lewat transisi yang bagus. Kami sudah berusaha mengantisipasi kedua pemain asingnya. Tapi ternyata lagi-lagi transisi ini, terutama di kuarter terakhir sangat merugikan kami," ucap kepala pelatih Garuda, Andre Yuwadi.

Dua pemain asing Hangtuah tampil sempurna dengan mencetak double-double. Nahshon George mencetak 24 poin, 10 rebound, 5 asis, 1 blok. Sedangkan Keenan Palmore menambahkan 22 poin, 10 rebound, 6 asis, 4 asis, 1 blok. Sementara di Garuda, Gary Jacobs menghasilkan 30 poin, dan Roderick Flemings menyumbang 20 poin dan 14 rebound. (*)

Foto: Hariyanto

Komentar