IBL

Meski Sacramento Kings tidak lolos playoff tahun ini, namun Mike Brown sebagai kepala pelatih telah membawa banyak kesuksesan bagi tim tersebut. Termasuk mengakhiri kekeringan tim selama 16 musim di playoff NBA, dan memberikan stabilitas bagi tim tersebut. Kabarnya, pelatih berusia 54 tahun ini ingin diberi penghargaan atas kontribusinya.

Menurut laporan Sam Amick dan Anthony Slater dari The Athletic, pelatih Brown sudah bisa membicarakan perpanjangan kontrak. Pasalnya, dia sudah menyelesaikan tahun kedua dari kontrak empat tahun yang dia tandatangani menjelang musim NBA 2022-2023. Sehingga kontrak tersebut akan berakhir setelah musim 2024-2025. Dalam kontrak tersebut ada klausul opsi bersama untuk musim keempat. 

Masih dalam berita yang sama, pelatih Brown rupanya menginginkan komitmen jangka panjang "sesuai harga pasarnya" dari Sacramento Kings. Karena beberapa pelatih sudah melakukan penyesuaian gaji. Misalnya pelatih Golden State Warriors Steve Kerr memperoleh 17,5 juta dolar Amerika per tahun setelah menandatangani perpanjangan kontrak yang menguntungkan musim ini. Sementara pelatih San Antonio Spurs Gregg Popovich menghasilkan 16 juta dolar Amerika per tahun. Sementara pelatih Detroit Pistons, Monty Williams, yang notabene belum pernah memenangkan gelar juara bisa menghasilkan 13 juta dolar Amerika per tahun.

Mike Brown adalah Coach of The Year NBA 2023, dan pernah menjadi juara empat kali sebagai asisten pelatih. Dia juga juga telah membantu Kings meningkatkan performa secara signifikansi, yang belum pernah mereka lihat selama bertahun-tahun.
Namun, ia belum memenangkan gelar NBA sebagai pelatih kepala, sesuatu yang telah dilakukan oleh beberapa pelatih untuk mengajukan kenaikan gaji. 

Meskipun dapat diasumsikan bahwa Brown juga dapat memperoleh gaji tahunan dengan nominal dua digit, jika Kings memperpanjangnya, namun manajemen tampaknya menunggu saat yang tepat. Apalagi Kings menorehkan performa buruk di Turnamen Play-In NBA tahun ini.

Kesimpulannya, manajemen Kings masih menimang apakah akan mengabulkan keinginan Brown dan memberi penghargaan kepada pelatih tersebut dengan kontrak jangka panjang. Terutama melihat dampak kehadiran pelatih Brown di musim berikutnya, sebelum kontraknya berakhir. (*)

Foto: Sactown Sports

Komentar