IBL

Pelita Jaya Bakrie Jakarta melakukan pergantian pemain asing untuk mengikuti Basketball Champions League (BCL) Asia 20204. Mereka menghadirkan Justin Brownlee dan mantan pemain Dallas Mavericks JaQuori McLaughlin. Keputusan itu membuat Pelita Jaya mengorbankan Malachi Richardson.

Presiden Klub Pelita Jaya Andiko Ardi Purnomo mengonfirmasi hal tersebut dalam media day pada Rabu (21/3) di kawasan Jakarta Pusat. Nantinya Brownlee yang akan berlaga menggantikan Malachi di IBL.

“Sebenarnya kalau kita lihat long list (pemain asing BCL Asia 2024) itu lima. Kami maksimalkan. Kan boleh lima asing tapi yang main tetap tiga. IBL sama saja sebenarnya karena Justin Brownlee ini akan bermain di IBL menggantikan Malachi,” kata pria yang disapa Diko itu.

Baca juga: Justin Brownlee dan JaQuori McLaughlin Amunisi Baru Pelita Jaya di BCL Asia 2024

Pada saat yang sama, Diko juga menjelaskan tentang statu JaQuori. Dalam BCL Asia sendiri setiap tim bisa memiliki lima pemain asing tanpa batasan gaji atau salary cap. Tetapi PJ tidak memasukkan JaQuori sebagai pemain IBL.

“Jadi, yang tidak bisa masuk ke IBL hanya JaQuori. Kan ada KJ (Kevin McDaniels), TRob (Thomas Robinson). Kalau ada JaQuori nggak mungkin masuk IBL. Nanti diputuskan pelatih siapa yang berangkat (BCL Asia),” lanjut Diko.

Pelita Jaya mengakui bahwa sebenarnya Malachi bermain cukup bagus. Garda berusia 28 tahun itu memiliki rata-rata 12,1 poin, 3,8 rebound, 1,6 asis per gim. Hingga pertandingan ke-8 ini, Malachi sudah mengumpulkan total 97 poin.

“Cuma rencana dan strategi kami tidak mencari yang seperti itu. Kami mencari yang lebih scorer yang bisa membongkar paint lawan. Dua gim terakhir dia main luar biasa. Cuma belum sesuai,” tuturnya.

Dengan begitu, Brownlee akan mencatat debutnya di IBL besok. Pelita Jaya akan bertandang ke markas Rans Simba Bogor di Gymnasium Sekolah Vokasi IPB. Musim ini Pelita Jaya memiliki skuad yang mewah. Dari delapan gim, mereka hanya kalah sekali dari Satria Muda. (rag)

Foto: FIBA

Komentar