IBL

Status pemain Saigon Heat, David Harrison Arnold kini menjadi pemain lokal di ASEAN Basketball League (ABL) 2017-2018. Sebelumnya, Arnold berstatus sebagai pemain asing keturunan. Tapi setelah dirinya menyelesaikan proses hukum, akhirnya ditetapkan bahwa Arnold menjadi warga negara Vietnam. Keputusan ini memberi keuntungan bagi Heat, kerena mereka bisa memasukkan satu pemain asing lagi.

Dari vietnamnews.vn dikabarkan bahwa forwar - guard dengan tinggi 1,88 meter asal Colorado, Amerika Serikat tersebut tidak mengalami kesulitan membuktikan status kewarganegaraannya. Sebab ia sudah bermain di liga profesional Vietnam lebih dari tiga tahun. Tepatnya dimulai tahun 2014. Sementara itu, ibu kandungnya Mai Arnold juga seorang keturunan Vietnam - Amerika.

Pemain berusia 27 tahun itu bergabung dengan Heat pada tahun 2014 dan langsung melejit menjadi bintang lapangan. Pada tahun 2016, ia menjadi All-VBA First Team dengan rata-rata 17,2 poin, 3,0 rebound dan 5,9 asis per pertandingan. Arnold pun sudah menyertai Heat tampil di ABL selama empat musim. Dari tiga pertandingan musim ini, Arnold mencetak 17,3 poin, 7,0 rebound dan 1,7 asis per laga.

Perubahan status Arnold menjadi kabar gembira bagi Heat. Sebab mereka bisa memasukkan satu pemain asing lagi. Wajah baru di Heat yaitu Michael Williams. Guard keturunan Filipina - Amerika itu punya pengalaman di NBA D-League bersama Sioux Falls Skyforce. Ia rata-rata menghasilkan 4,7 poin, 2,3 asis dan 1,4 rebound.

Masuknya Williams ke tim asuhan kepala pelatih Kyle Julius tersebut semakin menegaskan bahwa Heat akan memainkan pola serangan cepat. Selain itu, mereka akan bermain dengan memaksimalkan guard untuk membuka ruang tembak. Williams juga akan mempertajam akurasi tembakan Heat, khususnya dari balik garis tiga angka.

Rekor pertandingan Heat saat ini adalah satu kali menang dari tiga pertandingan. Pertandingan pertama mereka di tahun 2018 ini akan berlangsung pada 6 Januari mendatang. Heat akan bertandang ke Changhua Stadium, Taiwan markas Formosa Dreamers. (*)

Foto: aseanbasketballleague.com, slamonlineph.com

Komentar