IBL

Dua pemain asing baru Tanduay Alab Pilipinas benar-benar membuat kepala pelatih Jimmy Alapag tersenyum puas di akhir laga. Mereka berdua membawa perubahan besar di tim yang mewakili Filipina berlaga pada ASEAN Basketball League (ABL) 2017-2018. Membuka tahun 2018, Alab berhasil menang atas tamunya Westports Malaysia Dragons, 90-79, Rabu malam (3/1/2018) di Fil Oil Flying V Center, San Juan.

Brownlee dan Balkman langsung menunjukkan kemampuan mereka yang serba bisa. Brownlee yang sudah akrab dengan liga Filipina sebelumnya, berhasil menyumbangkan 29 poin, 7 rebound dan 8 asis. Sedangkan Balkman menambahkan 17 poin dan 11 rebound. Seperti yang sudah dibicarakan sebelumnya, Coach Alapag sangat gembira dengan hasil ini.

"Sekadar upaya kolektif dari semua pemain," ujarnya. "Saya harus memuji Renaldo dan Justin. Mereka baru datang, tapi sudah membuat usaha yang besar. Keduanya memang punya mental juara. Kami akan bersandar pada pengalaman bermain mereka."

Brownlee membuktikan bahwa pengalamannya sangat diperlukan ALab. Sebab di kuarter ketiga, Dragons bisa menghasilkan 31 poin dan memimpin jalannya pertandingan dengan skor 63-60. Di kuarter keempat, Brownlee membuat Alab bangkit. Kerjasama dengan Balkman dan diakhiri dengan sebuah two-handed-dunk dari Balkman mengakhiri perlawanan Dragons di sisa tujuh menit laga. Sebab Alab saat itu sudah memimpin 81-66.

Kekalahan ini memang menyakitkan bagi Dragons. Sebab ini merupakan kali pertama dua pemain barunya tampil, yaitu Joshua Munzon dan AJ West. Josh menjadi penyumbang poin terbanyak bagi Dragons dengan 21 poin, sedangkan West mencetak 16 poin dan 22 rebound. Sementara itu Marcus Marshall berhasil menyumbangkan 17 poin untuk Dragons.

Kemenangan ini membuat Alab semakin percaya diri menghadapi laga berikutnya. Mereka akan mengunjungi Singapura untuk bertemu Slingers pada 7 Januari 2018 mendatang. Slingers juga akan bermain dengan legiun asing baru, Chris Charles.

"Sangat bagus memiliki dua pemain asing ini di pihak kami," ucap Coach Alapag. "Mereka adalah pemain kelas dunia, dan saya pikir ini akan membuka kesempatan kami untuk memenangkan laga-laga berikutnya." (*)

Foto: aseanbasketballleague.com

Komentar