IBL

Perputaran pemain di ASEAN Basketball League (ABL) sangat cepat. Beberapa tim memanfaatkan libur Natal dan Tahun Baru untuk memperbaiki susunan pemain. Termasuk Westports Malaysia Dragons. Tim ini kembali memanggil Joshua Munzon untuk meningkatkan performanya di ABL 2017-2018.

Munzon memang bukan orang lain bagi Dragons. Ia sempat memperkuat tim ini di ABL 2016-2017 lalu. Rata-rata ia mencetak 19,4 poin, 4,1 rebound dan 3,1 asis per laga. Hanya saja saat dimulainya musim ini, Munzon harus memilih antara ABL atau PBA D-League. Ini memang jadi masalah yang pelik bagi seorang pemain ketika dihadapkan pada dua kompetisi level tinggi semacam itu. Kabar dari Tiebreaker Times di awal Desember lalu juga menyebut bahwa alasan Munzon tidak bergabung dengan Dragons karena tidak menemui kesepakatan nilai kontrak.

Akhirnya Munzon memilih untuk menunggu tawaran dari tim PBA D-League sekaligus menolak tampil bersama Dragons. Namun hingga akhir tahun ini, belum ada tim yang merekrut pemain keturunan Filipina - Amerika itu. Jadi, Munzon memutuskan untuk kembali ke Dragons setelah terkatung-katung beberapa bulan. Kepastian ini didapat setelah Dragons melansir berita tersebut pada halaman Facebook resminya pada 26 Desember 2017 lalu.

Kehadiran Munzon memang sangat diperlukan Dragons. Mereka ingin memperbaiki prestasi di ABL musim ini. Dari tiga pertandingan, Dragons baru menang sekali melawan Mono Vampire Basketball Club, 116-112. Itu pun harus melewati babak overtime. Datangnya Munzon sekaligus menggantikan pemain Filipina milik Dragons yaitu Reil Cervantes. Ia dianggap tidak memberikan dampak signifikan di tim tersebut. Dragons juga tidak melanjutkan kerjasama dengan Curtis Owen Washington.

Thestar.com memberitakan bahwa selain Joshua Munzon, Dragons juga mendatangkan Allen Jeffrey (AJ) West. Ia pemain asal Amerika Serikat berusia 26 tahun dengan tinggi 2,06 meter. West terakhir bermain di Qatar dan Lithuania tahun lalu. Ia juga sempat membela klub Uruguay, Atletico Bigua awal tahun 2017 dan mengumpulkan 14,6 poin serta 11,1 rebound.

"Senang Josh bisa kembali. Dia memainkan peran kunci untuk beberapa kemenangan kami musim lalu dan kami tahu apa yang bisa dia lakukan untuk tim kami. Kemampuan bertahan dan kemampuan untuk bangkit bisa memperbaiki penampilan kami," kata asisten manajer Dragons, Shoghi Gan, kepada thestar.com. "Di sisi lain, AJ telah menunjukkan bahwa dirinya pemain yang membawa dampak baik. Dia sangat kuat dalam rebound sehingga memberikan pemain lain kenyamanan untuk menembak."

Munzun dan West diperkirakan bergabung dengan Dragons hari Jumat minggu ini. Mereka akan bersiap tampil kembali di ABL pada 3 Januari 2018 mendatang. Dragons akan bertandang ke Filipina bersua Alab. Lalu tanggal 12 Januari 2018, Dragons kembali bertemu Mono Vampire. (*)

Foto: aseanbasketballleague.com

Komentar