IBL

Stapac Jakarta baru saja meraih kemenangan ketiganya dalam total empat laga di Indonesian Basketball League (IBL) 2017-2018. Mereka mendapat kepastian itu setelah mengalahkan Siliwangi Bandung 87-69 di Sritex Arena, Solo, Jawa Tengah, Sabtu 23 Desember 2017. Hasil itu sekaligus membuat Siliwangi terbenam di dasar klasemen sementara Divisi Putih dengan lima kali kekalahan beruntun.

Dalam laga itu, Dominique Williams menjadi pencetak angka terbanyak dengan 29 poin, 7 asis, 6 rebound, dan 3 steal. Abraham Damar Grahita menyusul dengan 18 poin. Oki Wira Sanjaya di sisi lain tampil apik lewat sumbangan 14 poin. Begitu pun Nate Barfield yang mencetak double-double 11 poin dan 13 rebound.

Di kubu Siliwangi, Darnell Brown II tampil dengan 22 poin dan 7 rebound. Pemain asing baru, Joel Clarke, membantu dengan 13 poin dan 9 rebound meski belum tampil maksimal. Menurut Kepala Pelatih Ali Budimansyah, Clarke memang tidak banyak mencetak angka, tetapi ia justru sangat membantu dalam hal rebound.

Di awal laga, kedua tim menyuguhkan permainan ketat. Mereka saling berbalas poin untuk memastikan siapa yang unggul lebih dulu. Stapac menjawab dengan memimpin 22-20 di kuarter pertama.

Pertandingan pun berlanjut ke kuarter berikutnya. Di sini kedua tim justru minim poin. Stapac dan Siliwangi masing-masing hanya mencetak 15 dan 16 poin. Skor pun menipis 37-36 masih untuk keunggulan Stapac.

Di kuarter ketiga, Stapac mulai memperbaiki kesalahan mereka. Menurut Asisten Pelatih Antonius Ferry Rinaldo, anak-anak asuhnya baru menemukan ritme permainan mereka setelah turun minum. Mereka pun berhasil memainkan permainan sendiri. Oleh karena itu, skor pun merenggang 63-53 untuk Stapac.

Masuk ke kuarter pamungkas, Stapac semakin lancar melepas operan ke tiap pemain. Mereka pun memanfaatkan tembakan tiga angka untuk menjaga asa hari ini. Setidaknya secara keseluruhan, mereka behasil memasukan 41 persen percobaan tripoin di pertandingan ini. Mereka pun menang 87-69.

Dengan modal satu kemenangan, jajaran pelatih Stapac pun berupaya menjaga motivasi pemainnya untuk pertandingan selanjutnya. Apalagi mereka akan menghadapi tim juara bertahan Pelita Jaya Jakarta, Senin 25 Desember 2017. Sementara itu, Siliwangi bakal menghadapi Satya Wacana esok hari.

Foto: Alexander Anggriawan

Komentar