IBL

NBA mengeluarkan aturan baru agar setiap tim memainkan pemain bintangnya dalam setiap pertandingan. Aturan itu bernama Player Participation Policy (PPP) dan berlaku mulai musim 2023-2024.

Salah satu poin dalam PPP itu mengharuskan setiap tim hanya boleh mengistirahatkan satu pemain bintang dalam setiap gim. Mereka harus bermain dalam gim-gim yang disiarkan oleh televisi nasional dan pertandingan tengah musim atau in-season tournament.

Baca juga: NBA Mengesahkan "Player Participation Policy"

Definisi pemain bintang sendiri adalah setiap pemain yang masuk dalam NBA All-Star atau All-NBA Team dalam tiga musim terakhir. Merujuk pada peraturan tersebut, ada total 26 tim dan 50 pemain yang masuk definisi pemain bintang musim mendatang.

Jumlah tersebut hampir 11 persen dari liga. Sebanyak 15 tim memiliki lebih banyak pemain yang masuk daftar All-NBA atau All-Star dalam tiga musim terakhir. Jika aturan PPP berlaku selama musim 2023-2024, ada terkena dampaknya.

Golden State Warriors dan Minnesota Timberwolves memiliki daftar pemain berlabel bintang paling banyak. Mereka memiliki empat pemain yang masuk All-Star dalam tiga musim terakhir.

Kemudian ada 11 tim yang hanya memiliki satu pemain bintang. Yakni Brooklyn Nets, Charlotte Hornets, Denver Nuggets, Houston Rockets, Indiana Pacers, New Orleans Pelicans, New York Knicks, Oklahoma City Thunder, Portland Trail Blazers, Toronto Raptors, dan Utah Jazz.

NBA sendiri memiliki 30 tim. Dengan begitu hanya ada empat tim yang tidak memiliki pemain berlabel bintang pada musim mendatang. Mereka adalah Detroit Pistons, Orlando Magic, Washington Wizards, dan San Antonio Spurs.

Tetapi daftar tersebut bisa saja berubah setelah All-Star Game 2024. Dalam memo PPP, kriteria pemain bintang mencangkup pemain yang terpilih di All-Star Game musim tersebut.

Misalnya garda Philadelphia 76ers Tyrese Maxey belum masuk tim All-Star. Maka ia tidak masuk kategori pemain bintang. Tetapi jika Maxey terpilih dalam All-Star 2024 pada Februari mendatang, ia masuk label pemain bintang. Maxey tidak bisa diistirahatkan dalam keadaan sehat. (rag)

Foto: NBA

Komentar