IBL

Manajer Los Angeles Lakers Rob Pelinka masih belum menemukan pemain ke-14 dalam rosternya. Karena Pelinka mengatakan hal tersebut bulan lalu, dan sekarang Lakers belum mendapatkan pemain yang diinginkan. Ada rumor kalau pemain ke-14 Lakers tersebut adalah Christian Wood. Namun akan sulit bagi Wood menerima tawaran Lakers, yang nilai kontraknya tidak sesuai harapan. 

Lakers sudah mengambil langkah yang bagus di jeda musim. Mereka mempertahankan Austin Reaves dan Rui Hachimura sambil menambahkan Gabe Vincent, Taurean Prince dan Jaxson Hayes. Terakhir, Anthony Davis juga telah diperpanjang kontraknya. Tetapi Manajer Rob Pelinka masih berharap bisa menemukan pemain untuk menambah kedalaman. Pernyataan tersebut mengarah pada Christian Wood. Namanya telah beredar selama beberapa minggu, dan menjadi pembicaraan hangat. Sementar pengamat yakin akan kedatangannya di kamp pelatihan Lakers pada bulan September. 

"Pertanyaan besarnya adalah apakah struktur Lakers, yang dipimpin oleh Darvin Ham dan LeBron James, dapat membuat Wood fokus untuk menang, sambil menghilangkan beberapa kebiasaan buruknya," kata jurnalis Dan Woike. 

Pernyataan Dan Woike ini mengarah pada pemain yang terkenal dengan bakat ofensifnya, tetapi Wood sering dianggap sebagai pemain bertahan yang buruk. Dia juga dikabarkan sempat berselisih dengan beberapa mantan pelatihnya. Wood mampu mencetak 14 poin dan 7 rebound per gim saat bersama Houston Rockets yang terpuruk. 

Dalam buletin Substack terbarunya, reporter senior NBA Marc Stein mengungkapkan pembaruan tentang Wood. Lakers mencapai kesepakatan dengan Anthony Davis dengan perpanjangan kontrak tiga tahun senilai 186 juta dolar Amerika. Lakers, bagaimanapun, tetap terbatas dalam menawarkan apa pun kepada Wood di luar kontrak minimum veteran liga. 

Tim lamanya, Dallas Mavericks bersedia membantu Wood, jika dirinya ingin mendapatkan kontrak yang bagus. Masalahnya, dua tim yang tertarik pada Wood, tidak memiliki modal yang cukup. Lakers dan Miami Heat sudah ada di ambang batas tertinggi untuk pengeluaran gaji di NBA. Miami Heat, meskipun disebut-sebut sebagai tim yang berminat pada Wood, sudah membayar pajak 9 juta dolar Amerika. Dengan demikian dilarang untuk mengakuisisi pemain mana pun melalui perdagangan. Lebih jauh lagi, setiap perdagangan harus menampilkan kontrak tiga tahun dengan setidaknya satu musim dijamin. 

Sementara, Lakers seharusnya tidak tertarik melakukan sign-and-trade untuk Wood karena itu tidak menguntungkan mereka sama sekali. Mereka sudah menjadi salah satu tim dengan roster yang bagus. Apalagi, Wood bukan bukan seseorang yang pantas untuk ditukar dengan aset apa pun. Pada titik ini, Lakers dan Heat hanya bisa menawarkan kontrak minimum veteran di NBA untuk satu tahun. 

Tetapi, ada beberapa pihak yang menyarankan agar Wood menerima kontrak minimum veteran. Karena kalau sampai dia tidak mendapatkan tim sebagai pemain "free agent", maka akan bernasib sama seperti pemain veteran lainnya. Sudah banyak pemain senior NBA yang tersingkir, dan pindah ke liga luar Amerika Serikat. (*)

Foto: Lake Show Life

Komentar