IBL

Beberapa hari terakhir, di media sosial ramai membicarakan soal kunjungan Giannis Antetokounmpo di Nigeria. Sebab, ini menjadi kesempatan pertama bagi dua kali MVP NBA tersebut mengunjungi kampung halamannya. Giannis terlihat bersama ibunya, Veronica. Mereka berdua memberikan bantuan kepada anak-anak di Nigeria, terutama melalui basket. 

Giannis Sina Ugo Antetokounmpo adalah pemain keturunan Nigeria dan Yunani. Namun dia memiliki kewarganegaraan Yunani, karena lahir di sana. Kedua orang tua Giannis berasal dari Nigeria, lalu pindah ke Yunani, sampai mendapatkan status sebagai warga negara. Charles, ayah Giannis meninggal pada September 2017. Seluruh keluarga Antetokounmpo sekarang sudah tinggal di Milwaukee. 

Pada jeda kompetisi tahun ini, Giannis menyempatkan diri bersama ibunya ke Nigeria. "Akhirnya berhasil sampai ke Nigeria bersama Mama," tulis Giannis dalam akun Instagram-nya. 

Dalam video dan foto, Giannis terlihat bercakap-cakap dengan anak-anak yang bermain basket. Dia juga melibatkan diri dalam permainan basket di lapangan Rowe Park di Yaba, Negara Bagian Lagos, Nigeria. Rowe Park adalah tempat penting karena Hakeem Olajuwon, MVP NBA lainnya yang lahir di Lagos, Nigeria, pernah bermain di sana. Data menyebutkan bahwa Charler, ayah Giannis berasal dari salah satu kelompok etnis Nigeria bernama Yoruba. Sementara legenda NBA Hakeem Olajuwon juga berasal dari kelompok etnis Yoruba. Jadi Giannis dan Olajuwon berasal dari etnis yang sama. 

Giannis selalu dengan bangga memajang bendera Nigeria dan namanya di akun media sosialnya. Dia mengatakan dia ingin memberikan kontribusi nyata untuk membantu Milwaukee, tempat dia bermain saat ini, lalu Yunani, sebagai negara kelahirannya, dan Nigeria, negara tempat orang tuanya berasal.

Sebelum kembali ke Milwaukee, Giannis dijadwalkan menjalani tur di China. Kali ini bukan bagian dari kegiatan sosial, melainkan karena bisnis. Giannis datang ke China untuk mempromosikan sepatu Nike terbaru, yang merupakan sepatu khasnya. (*)

Foto: Instagram Giannis Antetokounmpo

Komentar