IBL

Rans Pik Basketball meraih kemenangan di gim 1 playoff melawan Dewa United Banten. Dalam pertandingan di Sritex Arena, Solo pada Jumat (30/6) itu, Rans Pik unggul 67-57. Dengan hasil ini Rans Pik membutuhkan satu kemenangan lagi di gim 2 lusa untuk melangkah ke babak semifinal.

Dalam pertandingan itu Rans Pik mendominasi sejak tepis mula. Dewa United hanya sekali mencuri kedudukan di akhir paruh pertama. Buzzer beater Kaleb Ramot Gemilang sedikit membuka harapan Dewa United.

Tapi pada paruh kedua Dewa United tak bisa berbuat apa-apa. Dua menit pertama kuarter ketiga Rans Pik kembali mengambil alih. Mereka melaju hingga keunggulan 19 poin (51-32) dan tak terkejar lagi.

Ini juga menjadi pertama kalinya Rans Pik berhasil menang dari Dewa United pada musim ini. Dalam dua pertemuan di musim reguler Rans Pik kalah telak. Pertama di Seri Surabaya (25/2) dengan skor 60-77. Kedua di Seri Jakarta dengan kekalahan 68-105 (18/6).

“Selama musim reguler kali selalu kalah dengan selisih yang jauh. Jadi, kami mempersiapkan dengan kerja keras buat menghadapi mereka lagi. Kali ini terbukti dengan team effort dan semua pemain mencetak skor. Itu jadi bukti konkret persiapan tim,” kata pelatih Rans Pik Bambang Asdianto Pribadi usai pertandingan.

Rans Pik bermain kolektif dengan raihan yang merata. Dari 12 pemain itu, Akeem Ellis menjadi yang tertinggi dengan 10 poin, 7 rebound, dan 3 asis. Disusul Althof Satrio dengan 9 poin dan semua dari garis tripoin.

Rans Pik juga mencetak akurasi lebih baik dengan 27/67 tembakan (FG 40 persen). Dibantu dengan 8/26 tripon. Sedangkan Dewa United sedang tidak wangi karena hanya mencetak 20/60 tembakan dengan akurasi 33 persen. Mereka juga tidak memaksimalkan tembakan gratis yang hanya masuk 12 dari 24 kesempatan.

Yan Colome memimpin Dewa United dengan 18 poin dalam 19 menit bermain. Anthony Johnson memberikan dobel-dobel 15 poin dan 14 rebound. Kaleb ramot Gemilang menyumbang 8 poin dan 6 rebound. (rag)

Foto: Hariyanto

Komentar