IBL

Pacific Caesar Surabaya sudah menyelesaikan seluruh pertandingan di IBL 2017-2018 Seri 1 Semarang. Dari tiga pertandingan, mereka berhasil membawa pulang dua kemenangan. Terakhir, Pacific menundukkan Siliwangi Bandung dengan skor 80-63.

Siliwangi sempat unggul di awal. mereka memimpin 11-2. Namun Pacific segera bangkit dan berbalik unggul 23-22 di kuarter pertama. Sejak saat itulah Siliwangi tidak mampu menyamakan kedudukan atau bahkan hingga akhir pertandingan. Justru Pacific semakin nyaman di kuarter keempat dengan keunggulan 17 poin (80-63).

Akurasi tembakan (FG) pemain Pacific sangat baik dengan 42 persen (30-71). Separuh diantaranya disumbangkan oleh David Seagers. Dia pula yang menyumbang poin terbanyak bagi Pacific dengan 40 poin, 16 rebound, 7 asis dan 1 blok. Memang Pacific lemah dalam rebound dan second-change poin, sebab Mike Fey absen karena cedera. Siliwangi sebenarnya lebih unggul di offensive rebound. Hanya saja mereka gagal menghentikan laju David Seagers yang menyerang dari segala penjuru.

Indra Muhammad juga bermain baik hari ini. Dia mencetak 12 poin, termasuk tiga tembakan tripoin yang tepat sasaran. Sedangkan Hadian Wicaksono menambahkan 10 poin dan 11 rebound.

"Sesuai rencana awal, kami harus ambil game ini. Target kami tercapai di seri Semarang ini, meski dengan agak sulit di beberapa kuarter. Saya apresiasi kerja anak-anak tiga hari ini yang memberikan yang terbaik untuk Pacific," kata Kencana Wukir, kepala pelatih Pacific.

Permainan Pacific sedikit menurun karena kehilangan Nuke Tri Saputra dan Mike Fey. Namun mereka bisa sedikit bernafas lega dengan hadirnya David Seagers. Sebaliknya, Siliwangi Bandung justru terlihat kurang fokus di laga ini. Kontribusi pemain asing Siliwangi juga kurang baik. Donovan Hasting hanya menghasilkan 10 poin dan 15 rebound. Padahal di laga ini, Pacific tidak memainkan Mike Fey. Sementara kontribusi cukup besar datang dari Darnell Brown yang menghasilkan 23 poin.

Siliwangi pulang dengan tangan hampa dari Seri 1 Semarang. Dari dua pertandingan, mereka tidak berhasil mencuri satu pun kemenangan. Sebelum kalah dari Pacific, Siliwangi harus mengakui keunggulan Satya Wacana Salatiga, 66-71. (*)

Foto: Hari Purwanto

Komentar